UMRI tuan rumah Pelatihan AMI Perguruan Tinggi Muhammadiyah se-Indonesia

1

Pekanbaru (20/11/2018)-Dalam rangka peningkatan kualitas mutu internal dilingkungan Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) se-Indonesia, Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah menyelenggarakan kegiatan Pelatihan dan Sertifikasi Auditor Mutu Internal yang bekerjasama dengan Universitas Muhammadiyah Riau.

Kegiatan ini diselenggarakan sebagai wujud keseriusan PP Muhammadiyah dalam mengelola perguruan tinggi yang dinaunginya sebagai penyelenggara pendidikan di Indonesia. Lebih lanjut kegiatan ini adalah usaha penguatan PTM menuju Perguruan Tinggi Muhammadiyah unggul.

Kegiatan ini diselenggarakan selama tiga hari yaitu dimulai tanggal 20 hingga 23 November 2018. Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Batiqa dan kampus utama UMRI disamping Mal SKA. Kegiatan ini diikuti oleh 56 Perguruan Tinggi Muhammadiyah untuk wilayah barat yang mencakup Sumatra, Jawa dan Kalimantan.

Sebagai narasumber dalam kegiatan ini adalah : Prof. Dr. Edy Suwandi Hamid, M.Ec, Munawar Khalil, M.Ag, Dr. Budi Akbar, M.Si, Dr. Suliswiyadi, M.Ag, Dr. Mukti Fajar, MH, dan Dr. Suranto.

 

Poin materi yang akan didiskusikan selama kegiatan ini adalah : Sistem Penjaminan Mutu Internal, AMI (Audit Mutu Internal), Metode dan Teknik Audit Mutu Internal, Teknik Membuat Pertanyaan dan Praktik Audit Mutu Internal, Penyusunan Laporan Audit.

Dalam sambutan awal, Rektor UMRI mengungkapkan rasa bangga karena Pimpinan Pusat Muhammadiyah telah menjadikan UMRI dan Riau sebagai pilihan dalam penyelenggaraan kegiatan ini, bagi Rektor kegiatan ini adalah langkah silaturrahmi akademik yang baik.

Dalam pemaparan awal, Majelis Diktilibang PP Muhammadiayah Prof. Dr. Edy Suwandi Hamid, M.Ec menyampaikan tujuan diselenggarakannya kegiatan ini, “kita ingin selalu berbenah, audit itu bertujuan melihat sisi kelemahan kita untuk kemudian modal untuk berbenah menjadi lebih baik”.

Perlu diketahui bahwa kegiatan ini adalah kegiatan pelatihan auditor pertama yang dilakukan oleh PP Muhammadiyah, setelah ini kegiatan serupa juga akan dilakukan di Universitas Muhammadiyah Makassar sebagai tuan rumah diwilayah timur Indonesia. (humas)

Blog Attachment