UPT Bahasa Universitas Muhammadiyah Riau Menjalin Kerjasama dengan International Development Program (IDP)

1

Pekanbaru- Universitas Muhammadiyah Riau melalui UPT Bahasa semakin serius meningkatkan Sumber Daya Manusia baik itu untuk internal UMRI maupun masyarakat umum. Hal ini bisa dilihat melalui penjajakan kerjasama dengan International Development Program (IDP) untuk penyelenggaraan International English Language Testing Service atau yang lebih dikenal dengan IELTS. Hal ini ditandai dengan kunjungan IELTS Operations Manager Indonesia, Albert G Sutanto, ke Universitas Muhammadiyah Riau pada hari Rabu, (15/08/2018).

Kunjungan ini langsung disambut oleh Pahmi, S.Pd., MA yang merupakan Kepala UPT Bahasa UMRI. “Kerjasama ini sudah di jajaki sejak beberapa bulan lalu guna memberikan layanan terbaik dalam pengembangan bahasa di UMRI,” ujar Pahmi. Lebih lanjut beliau mengatakan dalam waktu dekat UPT Bahasa akan membuka kelas persiapan bahasa dimana salah satunya adalah Kelas Persiapan IELTS. Setelah itu peserta bisa mengikuti tes resmi di UPT Bahasa dimana sertifikatnya bisa digunakan untuk lanjut studi keluar negeri.

Pada kunjungan ini, Albert melihat fasilitas kampus yang akan digunakan untuk Uji IELTS. Setelah pengecekan, beliau mengatakan bahwa UPT Bahasa UMRI dapat melaksanakan Ujian IELTS dengan baik. Seperti yang diketahui bahwa IELTS pada saat ini sangat penting. Tes ini dirancang untuk menilai kemampuan bahasa Inggris seseorang yang ingin belajar atau bekerja di tempat di mana bahasa Inggris digunakan sebagai bahasa komunikasi. Tes ini diperlukan bagi mereka yang akan kuliah di Inggris, Australia, Kanada, Selandia Baru, dan Amerika Serikat. Bahkan di negara lain juga mewajibkan mahasiswa Internasional untuk memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang ditunjukkan dengan seritifikat resmi IELTS.

Dengan kerjasama ini, UPT Bahasa UMRI berharap seluruh civitas UMRI makin termotivasi untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris dengan tujuan lanjut studi keluar negeri. Dengan memiliki sertifikat dengan nilai yang cukup, maka civitas UMRI dan masyarakat umum bisa mendaftar beasiswa-beasiswa yang tersedia seperti LPDP, Australia Awards Scholarship, Chevening, dan lain-lain.

Blog Attachment