Universitas Muhammadiyah Riau Tugaskan Dosen ke Sekolah

2

Pekanbaru – (25 Juli 2018), Universitas Muhammadiyah Riau melaksanakan sosialisasi program Penugasan Dosen ke Sekolah (PDS). Program ini merupakan hibah Revitalisasi Lembaga Pendidikan Tenaga Keguruan (LPTK) yang diadakan oleh Kemristekdikti melalui Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa Dikti). Kegiatan sosialisasi ini diikuti oleh beberapa sekolah yang menjadi mitra Universitas Muhammadiyah Riau melalui Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Wakil Rektor III UMRI dr. Taswin Yacob, Sp.S, Dekan, Kaprodi, Dosen dan karyawan dilingkungan FKIP UMRI.

Dalam sambutannya, Wakil Rektor III dr. Taswin Yacob, Sp.S menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan terobosan yang baik bagi peningkatan kapasitas dosen di FKIP UMRI. “melalui penugasan dosen ke sekolah, dosen-dosen diharapkan lebih mampu memaknai karakter peserta didik, sehingga mampu menularkan pengalaman yang baik tersebut kepada mahasiswa FKIP yang merupakan calon pendidik masa depan” ujar Taswin. Dekan FKIP UMRI, Edi Ismanto, ST., M.Kom menyatakan bahwa untuk Program PDS ini seluruh dosen dari semua program studi di lingkungan FKIP UMRI wajib untuk ikut dan berpartisipasi aktif. “Program ini merupakan kesempatan yang baik bagi dosen untuk berkolaborasi dengan guru di sekolah, diharapkan nantinya hasil dari program ini dapat memberikan peningkatan kualitas dari segi kurikulum maupun pembelajaran di FKIP UMRI.” Jelas Edi dalam sambutannya.

FKIP UMRI termasuk ke dalam daftar 89 LPTK se Indonesia yang mendapatkan hibah program PDS tersebut dari total kurang lebih 300 LPTK yang ada di Indonesia. Untuk di Riau khususnya, hibah ini hanya didapatkan oleh FKIP Universitas Muhammadiyah Riau dan FKIP Universitas Riau. Kegiatan yang dilaksanakan dalam program PDS berupa kolaborasi pengajaran antara dosen dan guru di sekolah. Program PDS dijadwalkan akan dilaksanakan dari mulai Agustus sampai dengan Oktober 2018. Dalam kegiatan sosialisasi tersebut juga diserahkan dokumen nota kesepahaman (MoU) antara UMRI dengan beberapa sekolah mitra. “diharapkan melalui adanya MoU antara UMRI dan sekolah-sekolah mitra dapat menjadi awal yang baik bagi terwujudnya kemitraan sejati antara perguruan tinggi dengan instansi sekolah, yang notabene merupakan sama-sama instansi yang bertujuan melaksanakan pendidikan bagi generasi bangsa” tutup Taswin. (Ben/Res/FKIP UMRI)

Blog Attachment