PELANTIKAN SEKRETARIS LEMBAGA STUDI ISLAM DAN KEMUHAMMADIYAHAN (LSIK) DAN KEPALA UNIT PELAYANAN TEKNIS (UPT) DI LINGKUNGAN UMRI MASA JABATAN 2018 – 2022

IMG_9304

Pekanbaru (www.umri.ac.id) – Kamis, (12/07/2018), DR. H. Mubarak, M.SI., selaku Rektor Universitas Muhammadiyah Riau melantik Santoso MSi., sebagai Sekretaris Lembaga Studi Islam dan Kemuhammadiyahan (LSIK), Fahmi, S.Pd, M.A sebagai Kepala UPT Bahasa, Desliana Dwita, S.I.P. M.Kom sebagai Kepala UPT kewirausahaan, dan DR. Sarullah, S.E. M.M., sebagai Kepala UPT Tingkat Persiapan Bersama, masa jabatan 2018 – 2022. Bertempat di auditorium kampus utama UMRI.

Acara ini dihadiri oleh dosen dan tenaga kependidikan  di lingkungan Universitas Muhammadiyah Riau , yang spesial dalam acara tersebut,   Ketua PP Muhammadiyah, Prof. DR. H .Yunahar Ilyas, Lc. M.ag berkesempatan hadir untuk memberikan arahan.

Dalam arahannya, Prof. DR. H. Yunahar Ilyas, Lc. M.Ag., menyampaikan bahwa tugas dan kewajiban pejabat struktural yang baru saja dilantik kedepan memang berat dan tidaklah mudah. Namun, akan terasa lebih ringan apabila dikerjakan bersama – sama. Ada beberapa komitmen yang harus diingat ketika sudah bekerja di Lembaga Muhammadiyah. Pertama, komitmen keislaman. Oleh sebab itu, pimpinan harus bisa memahami agama Islam dengan baik dan benar, dan  “Harus memegang teguh Alqur’an dan As Sunnah dengan wawasan berkemajuan. Sehingga bisa menjadi solusi dalam tantangan terkini dan aktual”. Warga Muhammadiyah harus dapat  menggambarkan Islam yang damai dan sejuk, tetapi juga harus berkemajuan, paparnya.

Kedua, harus memiliki komitmen bermuhammadiyah. Tidak hanya sekadar paham, namun harus aktif juga dalam organisai Muhammadiyah. Bahkan, di beberapa kampus Muhammadiyah lainnya, jika sudah menjadi bagian dari Muhammadiyah mereka diwajibkan aktif dalam kegiatan – kegiatan Organisasi Muhammadiyah. Baik di ranting, majelis maupun lembaga. Intinya harus aktif dalam Organisasi Muhammadiyah.

Terakhir yang tak kalah penting adalah komitmen kepada lembaga tempat kita bekerja. Muda-mudahan, dengan dilantiknya ketua UPT dan sekretaris  LSIK dapat memberikan kontribusi lebih bagi kemajuan Universitas Muhammadiyah Riau kedepan dan  bagi Muhammadiyah tentunya.

Dilanjutkan dengan sambutan Rektor Universitas Muhammadiyah Riau DR. H. Mubarak, M.SI., yang menegaskan kepada pejabat struktural yang baru saja dilantik agar dapat bekerja sesuai dengan visi, misi dan program kerja yang sudah dibangun sejak 4 tahun yang lalu.

UPT Kewirausahaan, diharap bisa menciptakan dan meningkatkan minat mahasiswa yang mendalami dunia usaha. Ketika mereka terdorong terjun ke dunia wirausaha, UPT ini akan berperan mengarahkan dan membina mahasiswa  dalam mengembangkan dan mendalami usaha tersebut.

Kemudian UPT Bahasa, berhubungan dengan program kampus yang menekankan pada dosen serta mahasiswa agar menguasai bahasa asing. Misalnya melalui TOEFL atau IELT dan sebagainya. Selain menyasar dosen dan mahasiswa, UPT ini juga berperan untuk membantu mendampingi Kantor Urusan Internasional.

Sementara itu, UPT Tingkat Persiapan Bersama fungsinya mengatur mata kuliah yang akan diterima mahasiswa semester awal. Yangmana, di awal kuliah, mahasiswa akan mempelajari ilmu dasar sebagaimana ditetapkan dalam kurikulum Nasional. “Nah, UPT ini mengakomodir mata kuliah bersama di tingkat universitas. Tujuannya, penguasaan mahasiswa di semua fakultas dalam mata pelajaran tertentu sama kuatnya.

Selanjutnya sekretaris LSIK adalah lembaga yang berperan penting di Muhamadiyah, “untuk menghidupkan serta mengembangkan keislaman dan kemuhammadiyahan”, paparnya. Dengan kata lain, semua program kerjanya mendukung visi misi universitas dengan Indikator tata kelola yang baik. Yaitu mendukung program studi dengan akreditasi yang baik. *Humas*

Blog Attachment