UMRI JADI TUAN RUMAH ON MIPA-PT

ini 1

Pekanbaru (www.umri.ac.id) – Universitas Muhammadiyah Riau dipercaya menjadi tuan rumah pelaksanaan ON MIPA-PT.Sebanyak 289 mahasiswa dari empat provinsi yakni Riau, Kepri, Jambi dan Sumatera Barat adu kecerdasan di Kampus Universitas Muhamdiyah Riau (UMRI), Rabu (21/3/2018). Mahasiswa dari 30 kampus di sumatera ini berlaga di Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi (ON MIPA-PT) Tahun 2018 selama dua hari.

Menurut Sekretaris Pelaksana Kompertis Wilayah X Yandri A SH, MH, ON MIPA PT ini merupakan agenda dari Kemenristek Dikti RI setiap tahunnya. Adapun bidang lomba yakni Matematika, Kimia dan Fisika dan Biologi. Tujuan dari kegiatan tersebut untuk meningkatkan minat mahasiswa dalam bidang Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi.

Lalu, untuk mendorong peningkatan kemampuan akademik dan memperluas wawasan mahasiswa bidang MIPA. Mendorong peningkatan kualitas dan memperluas wawasan staf pengajar bidang MIPA.” Peserta yang mengikuti kegitan ini merupakan hasil seleksi di kampus masing-masing. Rincian peserta untuk masing-masing kategori lomba adalah Biologi 85 peserta, Fisika 71 peserta, Kimia 60 peserta, MTK 77 peserta,” kata sespel Yandri A.SH,MH.

Pelaksanaan ON MIPA-PT ini, kata Pak Yandri A.SH,MH dilakukan secara serentak dilaksanakan di 14 kompertis di wilayah Indoensia. Lomba dilakukan dalam tiga tahap yaitu tahap I di tingkat perguruan tinggi yang menghasilkan 7 mahasiswa terbaik masing-masing bidang.

Tahap II tingkat wilayah untuk menentukan 64 mahasiswa terbaik, dan tahap III di tingkat nasional yang menghasilkan 20 mahasiswa terbaik. Universitas Muhammadiyah Riau dipercaya menjadi tuan rumah pelaksanaan ON MIPA-PT), kata sespel Yandri A, SH.,MH akan memberi nilai positif bagi Umri, terutama akan mendapat nilai selaku penyelenggara ivent nasional, dari Kemenristek Dikti.

“Disamping letak kampus Umri yang strategis, kampus Umri saat ini juga didukung sarana prasarana dalam mensukseskan kegiatan berskala nasional ini,” kata sespel Yandri A,SH.,MH.

Sementara Rektor Umri Dr Mubarak MSi mengatakan kepercayaan yang diberikan pihak Kemenristek Dikti adalah suatu amanah yang diharapkan akan bisa terus memperkenalkan Umri di Indonesia, khususnya di wilayah X.” Kita berterima kasih kepada pihak Kementerian, semoga ditahun-tahun mendatang kita juga kembali dipercaya menjadi tuan rumah,” ujar Rektor usai pembukaan.

Dengan diikuti 5 Perguruan Tinggi Negeri yakni Universitas Andalas, Universitas Negeri Padang, Unja, Unri dan Umrah dan serta 25 perguruan tinggi swasta tentu akan memberi nilai positif bagi Umri, terutama dalam memperkenalkan perguruan tinggi ini.Peserta dari Umri sendiri sebanyak 9 orang, untuk tiga bidang lomba, yakni Fisika, Kimia, dan Biologi. Dimasing-masing bidang lomba diwakili 3 orang Mahasiswa. kata Rektor Dr.H.Mubarak, M.Si. **Humas*

Blog Attachment