Ini Hasil yang Dirapkan Rektor UMRI

ini-hasil-yang-dirapkan-rektor-umri

PEKANBARU — Kewajiban membela negara Kesatuan republik Indonesia tidak hanya menjadi kewajiban para aparat keamanan seperti Tentara Nasional Indoensia (TNI) semata, masyarakat umum, Mahasiswa juga memiliki kewajiban yang sama untuk bisa menjaga keutuhan bangsa ini.

Hal itu disampaikan Rektor Universitas Muhamamdiyah Riau (UMRI) Dr Mubarak MSi dalam amanatnya saat menjadi Inpektur Upacara pada pembukaan Pelatihan Bela Negara bagi Mahasiswa penerima Beasiswa Bidik Misi Pemerintah Provinsi Riau, Kamis 21 Desember 2017 di lapangan Arhanudse XIII/BS Pekanbaru.

Mubarak menyebut, kegiatan ini sangat penting bagi Mahasiswa karena dengan dibekali berbagai hal tentang membela negara, diharapkan keutuhan bangsa ini akan terus semakin kokoh terjaga.

“Kegiatan ini diikuti 73 Mahasiswa dan 137 Mahasiswi, ini kagiatan pertama dan diharapkan akan bisa menjadi agenda tahunan ditahun-tahun berikutnya,” kata Mubarak.

Fenomena yang terjadi saat ini dengan membiarkan pertahanan negara ini diserahkan pada militer semata, akan dikurangi UMRI melalui pelatihan bela negara bagi Mahasiswa-Mahasiswi. “Padahal seharusnya kita semua harus peduli dengan ikut membela negara, karena itulah kegiatan ini diharapkam akan bisa memberi konsep dasar dari membela negara,” ujarnya.

Mubarak menambahkan, bagi Mahasiswa dan Mahasiswi yang mengikuti kegiatan ini adalah bagaimana bisa memposisikan diri sebagai seseorang yamg mampu membela negara. Karena peserta pelatihan seharian penuh ini akan dijarkan bagaimana berdisiplin, setelah pelatihan hari ini bisa dibawa kekampus, misalnya dalam perkuliahaan ketika belum diberi kesempatan bertanya jangan menyela.

Untuk kedepannya, lanjut Mubarak, ada dua program yang dirancang UMRI dalam hal menumbuh dan meningkatkan jiwa membela negara ini, yakni yang pertama bagi mahasiswa baru dilaksanakan pada saat Masa Taaruf Mahasiswa (Mastama), dan selanjutnya bagi para dosen dan karyawan.

“Kegiatan ini diharapkan mampu menyokong UMRI HEBAT (hebat, empati, berwarna dan bermartabat), ikutilah kegiatan ini secara serius, karena ini akan sangat bermanfaat bagi kalian semua,” pesan Rektor.

Sementara Wakil Komandan (Wadan) Arhanudse XIII/BS Pekanbaru, Mayor Arh Yanuar Y menyambut baik dan berterimakasih kepada UMRI yang masih mempercayai mereka sebagai bagian dari pembela negara ini. “Kita ingin berterimakasih kepada UMRI yang telah mempercayai kita dalam memberikan pelatiahn bela negara ini kepada Mahasiswa-Mahasiswi mereka,” ujarnya.

Mengenai materi yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, Yanuar menjelaskan bahwa yang akan diberikan adalah materi Peraturan Baris Berbaris (PBB) yang diharapkan akan meningkatkan disiplin para peserta, terutama dalam menghargai dan mematuhi pimpinan.

“Berikutnya teori bela negara sesuai dengan standar komunikasi sosial masyarakat. Kita nantinya juga akan memberi gambatan tentang alutista, memberi tambahan dan menumbuhkan kecintaan mereka terhadap bangsa dan aparat,” pungkasnya.**(rls/mad)

Blog Attachment