UNDANG KEPALA BIRO HUMAS KLHK FIKOM UMRI GELAR KULIAH UMUM “KEHUMASAN”

WhatsApp Image 2017-12-18 at 1.39.22 PM

Pekanbaru – Untuk mendapatkan pengetahuan kehumasan pemerintah khusunya lingkup kementrian Kehutanan dan Lingkungan Hidup (KLHK), Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) menyelenggarakan Kuliah Umum Kehuman pada Jum’at (15/12/2017). Kuliah umum dilaksanakan di aula lantai 3 gedung KH Ahmad Dahlan Kampus II Jalan Tuanku Tambusai Pekanbaru.

Sebagai narasumber Ir Djati Wtjaksono Hadi MSc selaku Kepala Biro Humas KLHK dan dihadiri Rektor Umri Dr H Mubarak MSi, Wakil Rektor II Bakaruddin MM, Kepala Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Sumatera Amral Ferry, Kehumasan Balai Besar KSDA Riau dan sekitar 300 lebih mahasiswa. Para peserta sangat antusias mengikuti jalannya kuliah umum, hal ini ditunjukkan dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan kepada nara sumber baik dari sisi  ilmu kehumasan sendiri maupun dari sisi isu-isu lingkungan hidup dan kehutanan yang sedang berkembang saat ini.

Kepala Biro Humas KLHK, Djati Witjaksono mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan  yang sangat bermanfaat bagi mahasiswa untuk mengetahui dan memahami strategi berkomunikasi.  Menyampaikan kepada publik mengenai program dan kinerja yang sedang dan akan dilakukan secara kreatif, inovatif dan menarik. Disamping itu  dapat membuka wawasan tentang kehumasan sebelum mereka terjun ke dunia kerja.

Rektor UMRI, Mubarak mengatakan bahwa dengan adanya kegiatan ini dapat berbagi ilmu kehumasan disamping ilmu tentang lingkungan hidup dan kehutanan.  Dan berharap untuk kedepannya akan terjalin hubungan yang baik antara UMRI dan Kementetian LHK.

Meskipun program studi tersebut terbilang masih sangat dini, namun peminatnya sudah cukup meningkat. Hal tersebut terlihat pada jumlah mahasiswa yang mendaftar pada angkatan tahun kedua tepatnya pada 2017 ini. Mengingat antusias masyarakat terhadap dunia “kehumasan” semakin meningkat, pihak Universitas Muhammadiyah Riau khususnya Fakultas Ilmu Komunikasi terus berinovasi dan mengembangkan studi kehumasan baik bagi mahasiswa ataupun bagi dosen yang mengajar dengan menggelar kuliah umum dengan tema “Humas Pemerintah, Membangun citra dan Mempertahankan Reputasi” tepat pada hari ini, Jumat, 15 Desember 2017 pukul 08.00 hingga selesai, yang bertempat di Gedung KH.Ahmad Dahlan lantai 3 tepatnya di kampus 2 Universitas Muhammadiyah Riau yang berada tidak jauh dari jalan nangka disamping Mall SKA Pekanbaru. “Adapun tujuan digelarnya kuliah umum ini adalah untuk memberikan pemahaman atau gambaran akademik secara langsung bagaimana sebenarnya praktisi humas tersebut,” ungkap M. Tazri MA selaku ketua panitia, yang merupakan salah satu dosen dari program studi hubungan masyarakat.

Kuliah umum kehumasan tersebut resmi dibuka oleh Rektor Universitas Muhammadiyah Riau yakni Dr. H. Mubarak M.Si. Dengan tema yang sangat menarik, pihak Universitas Muhammadiyah Riau mengundang Kepala Biro Humas Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI yakni Ir. Djati Witjaksono Hadi M.Sc sebagai pemateri untuk membahas proses penanganan isu-isu lingkungan yang terjadi di Riau terkait peran humas pemerintah dalam membangun citra dan reputasinya. “Hal tersebut mengingat bencana kabut asap yang terjadi di Riau pada 2015 lalu yang berkepanjangan,” ungkap wakil dekan Universitas Muhammadiyah Riau, Jayus S.Sos, M.I.Kom. Dengan diadakannya kuliah umum kehumasan ini, diharapkan para mahasiswa dan mahasiswi UMRI khususnya pada program studi hubungan masyarakat semakin memahami bagaimana praktisi humas secara praktik bukan hanya sekedar teori. Sangat diapresiasi antusias seluruh mahasiswa dan mahasiswi fakultas ilmu komunikasi yang turut semangat berdiskusi tentang peran humas pemerintah dalam membangun citra dan mempertahankan reputasinya. Untuk kedepannya, pihak Universitas Muhammadiyah Riau berharap semakin banyak nantinya pelajar yang ingin melanjutkan studi ke perguruan tinggi mengambil program studi hubungan masyarakat tersebut. Hal itu dikarenakan peran humas akan sangat dibutuhkan kedepannya. Bagi para pelajar yang nantinya ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang kuliah, bisa mendapatkan informasi mengenai beragam program studi khususnya hubungan masyarakat di kampus UMRI yang terletak dipusat kota Pekanbaru yakni kampus 1 yang berada di Jalan KH. Ahmad Dahlan No.88 Sukajadi, Pekanbaru. Dan bisa juga di kampus 2 UMRI di Jalan Tuanku Tambusai/Nangka tepatnya disamping Mall SKA Pekanbaru.

Kuliah umum ini dihadiri Kepala Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Sumatera, Kehumasan Balai Besar KSDA Riau dan sekitar 300 lebih mahasiswa UMRI. Para peserta sangat antusias mengikuti jalannya kuliah umum, hal ini ditunjukkan dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan kepada nara sumber baik dari sisi  ilmu kehumasan sendiri maupun dari sisi isyu isyu lingkungan hidup dan kehutanan yang sedang berkembang saat ini.

 

 

 

 

 

 

Blog Attachment