Bantu Anak Putus Sekolah, Ini yang Dilakukan Prodi Teknik Otomotif Umri

IMG-20170804-WA0007

Program Studi Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Riau (Umri) sejak sepekan terakhir memberi pelatihan mekanik kepada 15 anak putus sekolah. Pelatihan itu merupakan wujud dari Program Kemitraan Masyarakat yang didanai Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) tahun ini.

“Sebelumnya, program ini hanya menyasar 10 anak putus sekolah. Namun, setelah dibuka, ternyata peminatnya banyak. Akhirnya, kami menerima 15 anak,” kata Ketua Prodi Teknik Otomotif Umri, Jusnita ST MT, Jumat (4/8/2017).

Dijelaskan Jusnita, setelah mendapat kepercayaan dari kementerian, Umri mensurvei sejumlah daerah di Pekanbaru. Akhirnya, terpilihlah lokasinya di Labuh Baru Barat Kecamatan Payung Sekaki.

Lokasi ini dipilih karena dilihat jumlah anak putus sekolah tergolong banyak. Disamping itu, di lokasi itu banyak anak yang aktivitasnya kurang produktif. Karena mereka menghabiskan waktu di warnet.

Atas dukungan dari dari pengurus RT dan RW, pelatihan yang diikuti anak di usia maksimal 25 tahun ini pun digelar di Aula Paguyuban Jalan Fajar Ujung. “Mereka bakal dilatih hingga delapan bulan kedepan,” kata Jusnita.

Materi pelatihan dibagi tiga. Yaitu teori, praktik dan ilmu kewirausahaan. Di antaranya, tentang keselamatan kerja, dasar-dasar sepeda motor. Lalu praktik membongkar pasang sepeda motor dan perawatannya. Kemudian diberikan materi kewirausahaan dengan harapan mereka bisa mendirikan bengkel.

Instrukturnya adalah dosen Teknik Otomotif Umri, dosen Ekonomi ditambah beberapa mahasiswa sebagai pendamping.
Dijelaskan dia, kegiatan ini bertujuan untuk mewujudkan tri darma perguruan tinggi. “Kita juga ingin membantu masyarakat mengurangi pengangguran dan memberi ilmu pengetahuan dan teknologi pada masyarakat,” paparnya.

Disamping melatih, pihak Umri juga berupaya mendorong perusahaan-perusahaan mau menjadi sponsor bagi peserta untuk mendirikan usaha perbengkelan. Sehingga mereka mempunyai aktivitas yang produktif dan menyokong masa depan mereka. (ed)