JADIKAN BULAN RAHMADAN SEBAGAI BULAN AMPUNAN

  وَبَرَكَاتُهُ اللهِ وَرَحْمَةُ عَلَيْكُمْ السَّلاَمُ

 

Alhamdulillahirrabila’lamin kita panjatkan puji dan syukur kita kepada Allah SWT, karena pada kesempatan ini kita masih diberikan kesehatan jasmani maupun rohani untuk melakukan aktivitas sehari-hari.  Sholawat salam kita sampaikan kepada junjungan alam Nabi besar Muhammad SAW.

Mengawali memasuki bulan Ramadhan tahun 1438 H, Pimpinan dan segenap Civitas Akademika Universitas Muhammadiyah Riau mohon maaf lahir dan bathin, sebelum akhirnya kita akan berserah diri pada Allah SWT. Marilah kita sambut bulan suci Ramadhan 1438 H ini dengan hati yang suci dan ikhlas serta rasa gembira yang sangat dalam karena bulan Ramadhan adalah bulan dilipatgandakan amal kebajikan untuk bekal hidup dunia dan diakhirat kelak.

Firman Allah SWT:

ا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan kepada kalian berpuasa sebagaimana diwajibkan kepada orang-orang sebelum kalian agar kalian bertakwa (Q.S Al-Baqoroh :183)

Sesuai dengan Q.S Al-Baqoroh :183, dalam bulan Ramadhan diperintah kepada orang-orang yang beriman melaksanakan puasa Ramadhan dengan dasar iman, dengan tujuan agar kita tergolong kepada orang-orang bertakwa kepada Allah S.W.T.

 

Puasa adalah ibadah menahan diri dari yang halal. Dari sini tampak betapa hakikatnya puasa adalah sebagai benteng supaya pelakunya terhindar dari yang haram. Sebab kebiasaan menahan dari yang halal akan membangun lapisan-lapisan perisai yang menjaganya supaya tidak terjatuh kepada yang Allah haramkan. Dan puasa Ramadhan, sejatinya tidak hanya menahan diri dari makan dan minum, namun juga menjaga pikiran dan seluruh panca indranya dari perbuatan yang dapat mengurangi amalan puasa. Dengan begitu puasa kita tidak sebatas pada tataran formal namun mampu berfungsional dalam memperbaiki hubungan kepada Allah dan hubungan kepada sesama makhluk

 

Dalam kesempatan ini, Rektor umri Dr.H.Mubarak,M.Si  menghimbau seluruh dosen, Pegawai dan mahasiswa  untuk mengisi bulan Ramadhan dengan kegiatan yang lebih menekankan pada pengayaan nilai dan khazanah Ramadhan, sebagai bulan penuh berkah dan maghfiroh (ampunan).

Akhirnya, melalui kesempatan ini kami mengajak marilah kita bermohon dan berserah diri kepada Allah SWT agar kesehatan tetap ter limpahkan  kepada kita semua, sehingga kita dapat menjalankan ibadah puasa sebulan penuh pada tahun ini dan dipertemukan dengan Ramadhan tahun depan. Luruskan niat, kita pahami bahwa bekerja dengan niat mengharap Ridho Allah merupakan ibadah. Oleh karena itu, di Bulan Maghfiroh ini tetap kita jalankan pekerjaan seperti biasa sambil memperbanyak ibadah dan  mengingat Allah.

Nasrun Minallahi wa Fathun Qarib

Marhabaan Yaa Ramadhan.

Selamat menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 1438 H

.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Rektor,

ttd.
Dr.H.Mubarak,M.Si