Wujudkan Tri Darma Perguruan Tinggi Umri dan Pemkab Siak Teken MoU

FB_IMG_1494777102690
Pekanbaru – Untuk mewujudkan Tri Darma Perguruan Tinggi, Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) dan Pemerintah Kabupaten Siak Ahad (14/5/2017) menandatangani Memorandum of Understanding (MoU). Penandatanganan dilakukan oleh Rektor Umri Dr H Mubarak, MSi dan Bupati Siak Drs H Syamsuar MSi di aula Umri Kampus 1 Jl KH Ahmad Dahlan No 88 Pekanbaru.
Aspek kesepahaman yang ditandatangani meliputi Pendidikan, Pengabdian Masyarakat, Konsultansi, Pengembangan Pariwisata dan Budaya. Sebagai tindaklanjut MoU tersebut, pada 10 Juli mendatang Umri akan menerjunkan mahasiswa untuk melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di beberapa kecamatan di Kabupaten Siak.
Penandatanganan MoU dilakukan dalam rangkaian pembekalan KKN PPM 2017. Pada kesempatan itu Rektor Umri Dr H Mubarak MSi didampingi Wakil Rektor 2 Bakaruddin SE MM, Ketua Panitia KKN Doni Winarso MKom, sekretaris LPPM Israwati Harahap MSi dan puluhan dosen pembimbing. 
Rektor berharap agar MoU ini dapat berlangsung dalam waktu yg panjang berjalan dengan baik dan saling menguntungkan kedua belah pihak. Sementara itu kepada peserta KKN Rektor berpesan agar semua mahasiswa dapat menyesuaikan diri dan bersinergi dengan pemerintah dan masyarakat setempat.
Pada acara penandatanganan MoU itu Bupati Siak Drs H Syamsuar menyampaikan materi pembekalan KKN kepada 500 orang Mahasiswa. Hal ini dilakukan sebagai persiapan bagi mahasiswa sehingga benar-benar siap terjun di tengah masyarakat di lokasi yang telah ditentukan.
Bupati Siak Menyambut baik MoU ini dan siap mendukung dengan menyediakan fasilitas pendukung berupa posko dan layanan informasi yg dibutuhkan.
Mahasiswa yg datang dapat memberikan pencerahan dan motivasi bagi masyarakat untuk lebih maju.
Syamsuar mengatakan bahwa Siak selalu di beri kepercayaan sebagai tempat KKN oleh universitas di Riau, begitu juga di luar Riau seperti UGM, KOAS Kedokteran Sumatra dan Jawa.
“Kami berterimakasih atas kepercayaan memilih Siak sebagai tempat pelaksanaan KKN UMRI tahun ini, memang di Siak sendiri kerap dijadikan tempat pelaksanaan kegiatan KKN ini, tak hanya Universitas yang ada di Riau saja, diluar itu juga seperti UGM, KOAS Kedokteran Sumatara dan Jawa, juga laksanakan kegiatan ini di Siak. kami mengharapkan peserta KKN nantinya juga dapat berkunjung ke objek wisata yang ada di siak,” ungkapnya.
Sekretaris LPPM UMRI Israwati Harahap MSi mengatakan bahwa porgram KKN PPM merupakan program tahunan sebagai bagian dari syarat untuk menyelesaikan proses akademik. Untuk penentuan lokasi KKN di Kabupaten Siak dipilih karena ada kesesuaian program pemerintah setempat dengan Umri.
Israwati juga mengatakan bahwa mahasiswa peserta KKN PPM di Kabupaten Siak diharapkan dapat membantu melaksanakan program Pemkab Siak. Salah satu program itu adalah mewujudkan keluarga sakinah dengan melakukan pembinaan keagamaan dan Ekonomi Kreatif bagi masyarakat.
Sementara Ketua Panitia Doni Winarso MKom mengatakan, kegiatan ini setiap tahunnya diadakan, dan dipilihnya Kabupaten Siak sebagai lokasi pelaksanaan KKN melalui proses yang panjang, dimulai dengan survei lokasi di beberapa kabupaten dan kota yang ada di Provinsi Riau.
“Hal ini dikarenakan bahwa kami merasa memiliki kedekatan secara emosional dengan Kabupaten Siak, dan juga dikarenakan program kerja Kabupaten Siak dapat diselaraskan dengan kegiatan KKN PPM UMRI angkatan ke 7,” ujarnya.
Dilaporkannya, bahwa jumlah peserta KKN-PPM UMRI anhkatan ke 7 sebanyak 508 orang yang terbagi ke dalam 40 kelompok, 20 kelompok ditempatkan di kota pekanbaru dan 20 kelompok lagi di kabupaten siak yang tersebar di 9 kecamatan diantaranya Sungai Apit, Sabak Auh, Bunga Raya, Siak, Mempura, Dayun, Lubuk Dalam, Koto Gasib, dan Tualang. Dan untuk waktu pelaksanaan kegiatan dimulai tanggal 10 Juli s/d 21 Agustus 2017.
“Menariknya, diakhir sebelum penarikan mahasiswa KKN nantinya kami berencana akan mengadakan kegiatan seminar hasil kegiatan yang telah dilaksanakan selama KKN, dan akan dipilih kelompok yang terbaik. Kami berharap bapak bupati berkenan memberikan Bupati Siak Award untuk KKN UMRI terbaik versi Pemkab Siak,” pungkasnya.