Dua Mahasiswa UMRI Terpilih Wakili Indonesia Ikuti IYPA13 di Philipina

eskipun tergolong perguruan tinggi muda, namun secara akademik UMRI patut dipuji. Bukti terbaru, dua mahasiswanya berhasil mewakili Indonesia pada program IYPA13 ke Philipina.

Riauterkini-PEKANBARU- AUSN (American University of Sovereign Nations) salah satu Kampus yang berada di Arizona, USA mengadakan program tahunan mereka yaitu International Youth Peace Ambassador. Program ini diadakan setiap tahunnya, tahun 2016 ini sebagai tuan rumah dari program Youth Peace Ambassador adalah Bataan, Philippines.

Program ini sudah yang ke 13 nya diadakan, Program ini akan mempertemukan beberapa Pemuda/I dari berbagai negara di Kawasan Asia Pasific untuk misi merancang sebuah project idea yang akan dipresentasikan selama program. IYPA13 kali ini mengangkat tema “ Youth as Agents of change and Resilience”.

Diantara delegasi terpilih, dua mahasiswa Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) berhasil terpilih mewakili kampus dan Indonesia, yaitu Aldi Putra (Ilmu Komunikasi UMRI) dan Putri Wahyuni (FMIPA dan Kesehatan UMRI). Selama disana Aldi dan Putri sangat aktif terlibat dalam Forum International meski pra keberangkatan sempat pesimis untuk berangkat.

“Kita sempat pesimis bisa berangkat ke Philippines, tapi Alhamdulillah berkat bantuan dari beberapa sponsor dan donatur seperti BSP (Bumi Siak Pusako). akhirnya kita berangkat. Program IYPA13 sendiri dari tanggal 2-7 November 2016, jadi selama 5 hari kita disibukkan dengan Forum, FGD, merancang Action plan, seminar, workshop, banyak banget pokoknya” Kata Aldi Putra.

Tidak itu saja selama di Philippines Aldi dan Putri juga menyempatkan waktu untuk bersillaturrahmi ke Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI Manila) yang berada di pusat ibu kota Manila, Mereka juga sempat memberikan sebuah Plakat dari UMRI kepada perwakilan Kedubes yaitu Bapak Fahmi.

“Kita dari Indonesia sudah mempersiapkan itu semua, apa saja planning selama disana. Kita membawa dua plakat dari kampus untuk kita berikan kepada Prof. Darryl Macer (President AUSN) dan KBRI Manila. Selama di KBRI, alhamdulillah kita mendapatkan pelayanan yang baik, bapak Dr. Fahmy Lukman, M.Hum (Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Manila) juga memberikan sambutan yang baik di kedubes dan kita juga memberikan kepada beliau,” kata Putri Wahyuni.

Keduanya juga berharap kedepan program exchange ke luar negeri bisa diikuti teman-teman lainnya terutama di Kampus UMRI. Kedepan rencana kita akan mengimplementasikan action plan kita juga, sambung Putri Wahyuni di temui di Kampus UMRI”

Aldi dan Putri salah satu contoh mahasiswa-mahasiswa yang berprestasi mampu membawa nama kampus dan negara di kancah international. Ini perlu menjadi perhatian bagi pemerintah dan kampus agar kedepan bisa didukung. ***(tautan)