Lepas 135 Wisudawan,Tahun ini UMRI Tambah Tiga Prodi

PEKANBARU — Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI), Sabtu 28 Mei 2016 melepas 135 wisudawan Sarjana dan Diploma, pelaksanaan Wisuda ke 10 tahun ini bersamaan dengan Milad ke 8 UMRI.

135 lulusan UMRI tersebut berasal dari 10 Jurusan, yakni Jurusan Otomotif 19 orang, Teknik Mesin 2 orang, Teknik Industri 5 orang, Keperawatan 1 orang, Biologi 1 orang, Akuntansi 43 orang, Ekonomi Pembangunan 19 orang, Teknik Informatika 25 orang, Sistem Informasi 10 orang dan Ilmu Komunikasi 10 orang.

Rektor UMRI Dr H Mubarak MSi mengatakan prosesi wisuda Mahasiswa UMRI kali ini teras beda, hal ini dikarenakan untuk pertama kalinya, UMRI akan menggelar wisuda sebanyak Dua kali dalam setahun.

“Ini awal dari kebijakan UMRI yang akan menggelar wisuda itu dalam setahunnya Dua kali, seteleh periode Mei ini, nanti akan ada lagi periode Oktober,” jelas Mubarak kepada wartawan, Sabtu 28 Mei 2016 usai acara wisuda.

Mubarak menjelaskan, kebijakan menjadikan wisuda dua kali dalam setahun ini merupakan bagian dari pemberian peningkatan pelayanan kepada Mahasiswa. Karena dengan jadwal dua kali wisuda setahun tersebut, akan memudahkan bagi mahasiswa yang ingin menamatkan kuliahnya dengan cepat.

Mubarak juga menambahkan, kalau UMRI saat ini juga terus membangun, baik secara fisik maupun non fisik. Untuk non fisik itu dilakukan dengan terus mengupayakan pengeluaran izin beberapa Program Studi baru.

Mulai tahun ajaran mendatang, terdapat Tiga Program Studi baru yang akan dibuka UMRI, yakni S1, Hubungan Masyarakat, S1 Manajemen, dan S1 Bahasa Inggris, dengan penambahan Tiga Program Studi baru ini, sekarang sudah terdapat 18 Program Studi yang ada di UMRI.

“Ketiga Program Studi baru tersebut telah mendapat rekomendasi dan Kemenristek Dikti dan sedang menunggu rekomendasi BAN-PT, untuk penerbitan izin operasionalnya. Saat ini kami juga sedang dalam proses mengajukan ususlan ulang pembukaan beberapa program studi baru, yaitu pendidikan IPA dan IPS serta perencanaan penambahan program studi dibidang Kesehatan, Teknik dan Agama Islam,” pungkasnya.

Sementara Ketua Pimpinan Wilayah Muhamamdiyah Riau, Drs H Wan Abu Bakar MSi menyatakan kalau hingga usianya yang ke delapan tahun ini, UMRI telah mampu menunjukkan peningkatan yang luar biasa, baik dari segi peningkatan jumlah Mahasiswa setiap tahunnya, maupun dari segi pembangunan fisik Kampus.

“Seperti dikampus II ini, seperti yang dapat sama-sama kita lihat, disini telah berdiri gedung baru, dan juga ada Masjid, meski belum siap, namun perlahan tapi pasti, UMRI terus melaksanakan pembangunan fisik gedung tersebut, ini merupakan bagian dari upaya dari UMRI untuk terus memberikan yang terbaik bagi masyarakat,” kata mantan Gubernur Riau ini.

Wan dalam kesempatan itu mengucapkan selamat kepada para wisudawan, dan diharapkan bisa terus menjaga nama baik almamater. “Dan tentunya diharapkan bisa juga berperan aktif dalam memajukan organisasi Muhammadiyah, karena setelah menyelesaikan perkuliahan, alumni UMRI ini semuanya diberi kartu anggota Muhammadiyah,” ungkapnya.