Seleksi Calon Mahasiswa UMRI Segera Dibuka

Gedung UMRIPekanbaru – Panitia seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) kembali membuka pendaftaran untuk tahun akademik 2016/2017. Kegiatan ini akan dimulai pada tanggal 22 Februari 2016 sampai dengan tanggal 3 September 2016. PMB ini dibagi menjadi 3 (tiga) gelombang yaitu Gelombang 1 tanggal 22 Februari – 7 Mei 2016, Gelombang 2 tanggal 8 Mei – 30 Juli 2016 dan gelombang 3 tanggal 31 Juli – 3 September 2016.  

Ketua Panitia PMB UMRI Sri Fitria Retnawati, S.Si, M.T mengatakan bahwa sistem PMB yang akan dilakukan tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya, sistem PMB tahun ini kami bagi menjadi 2 (dua) sistem seleksi yaitu Jalur Umum/Reguler dan Jalur Khusus. “  Adanya 2 jalur sistem seleksi adalah dalam rangka memberikan kemudahan bagi calon mahasiswa untuk memilih jalur mana yang ingin mereka tempuh”.

Dijelaskan Sri Fitria bahwa jalur umum/reguler merupakan sistem seleksi yang dibuka bagi calon mahasiswa umum dari lulusan SMA/SMK/MA sederajat dengan melalui ujian seleksi seperti yang dilakukan pada tahun-tahun sebelumnya, sedangkan untuk jalur khusus dibagi menjadi 9 (sembilan) kategori sistem penerimaan diantaranya : Jalur Penerimaan Bibit Unggul Muhammadiyah (PBUM), Jalur Penerimaan Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK), Jalur Kerjasama, Jalur Penerimaan Mahasiswa Pindahan dari PT luar UMRI, Jalur Pindah Program Studi di Internal UMRI, Jalur Pendidikan Lanjutan dari D3, Jalur Beasiswa Bidikmisi, Jalur Penerimaan Reguler B Kampus III dan Jalur Program D3 Keperawatan dengan ketentuan dan persyaratan yang telah ditentukan pada masing-masing jalur PMB tersebut.

Adapun jumlah keseluruhan Program Studi (Prodi) yang ditawarkan pada seleksi tahun ini berjumlah 16 Prodi, dengan rincian 13 Prodi pada jenjang S1 dan 3 Prodi lainnya pada jenjang D3. Khusus untuk Prodi D3 Keperawatan pelaksanaan pola seleksi hanya melalui Jalur Program D3 Keperawatan.

Seiring peningkatan kualitas akademik yang berkelanjutan, animo pendaftar seleksi PMB UMRI pun terus menunjukkan peningkatan setiap tahunnya. Hal tersebut tampak dari meningkatnya jumlah pendaftar di setiap tahun.

Rektor UMRI,  Dr. H. Mubarak, M.Si. di ruang kerjanya, Rabu (17/2), pendaftar PMB tahun akademik 2015/2016 mengalami peningkatan yang signifikan, dari sebelumnya lebih dari 1000 pendaftar pada tahun 2015/2016 lebih dari 1.300 pendaftar.

Blog Attachment