Gelar RAT Tahun Buku 2015 Koperasi Sang Surya UMRI Bukukan SHU Rp. 96 Juta

Foto Bersama Pengurus Kop Sang Surya, Rektor UMRI dan Kadis Koperasi UMKM PekanbaruKoperasi Sang Surya Universitas Muhammadiyah Riau Rabu (10/2) menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tahun Buku 2015. RAT dilaksanakan di aula UMRI Jl. K.H. Ahmad Dahlan No. 88 Pekanbaru, dihadiri 120 orang anggota dan pengurus yang terdiri dari civitas akademika UMRI. Hadir pula dalam kesempatan itu Rektor UMRI Dr. H. Mubarak, M.Si, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Pekanbaru Drs. Ingot Ahmad Hutasuhut dan Pimpinan Bank BTN Syariah Cabang Pekanbaru.

Ketua Koperasi Sang Surya UMRI Jayus, S.Sos., M.I.Kom mengatakan dalam sambutannya bahwa target SHU pada tahun buku 2015 adalah sebesar Rp. 92. juta dan  berhasil membukukan SHU sebesar Rp. 96 juta, dengan demikian target yang ditetapkan telah terlampaui. Tercapainya target itu didapat dari dua jenis bidang usaha yaitu Simpan Pinjam dan Mini Market. Kemudian hingga tahun 2015, telah menyalurkan pinjaman yang bersumber dari Bank BTN Syariah Pekanbaru sebesar RP. 6 Milyar dan dana mandiri koperasi sebesar Rp. 166 juta.

“Alhamdulillah, untuk kesekian kalinya koperasi Sang Surya berhasil melaksanakan  RAT tepat waktu dan telah membagikan SHU ke seluruh anggota dengan target capaian yang terlampaui. Kita juga mengucapkan terimakasih atas kepercayaan Bank BTN Syariah yang telah menjadi mitra kami sehingga akumulasi penyaluran dana mencapai Rp. 6 Milyar”.

Jayus menambahkan, bahwa capaian oleh Koperasi Sang Surya ini tidak terlepas atas pembinaan dan arahan semua pihak, diantaranya Rektor UMRI selaku pembina dan Dinas Koperasi dan UMKM Kota Pekanbaru yang memberikan pengarahan berjalannya kegiatan perkoperasian ini. “Terimakasih buat pak Rektor yang telah memfasilitasi kegiatan Koperasi di Kampus Universitas Muhammadiyah Riau. Terimakasih juga untuk Dinas Koperasi dan UMKM kota pekanbaru yang selalu memantau dan mengarahkan kegiatan koperasi kami sehingga setiap tahun kami melaksanakan RAT tepat waktu. Hal ini karena ketepatan waktu merupakan salah satu indikator koperasi yang sehat.

Rektor UMRI Dr. Mubarak, M.Si dalam sambutannya mengapresiasi apa yang telah dicapai, meskipun demikian rektor mengarahkan agar Koperasi Sang Surya lebih konsen dan fokus untuk mengembangkan aktivitasnya dengan melihat peluang usaha lainnya. Salah satu peluang yang belum tergarap menurut rektor adalah menggarap pengadaan perumahan untuk dosen dan karyawan.

“Selamat untuk koperasi Sang Surya atas capaian yang telah didapat, mudah-mudahan ke depan dapat menggarap peluang-peluang usaha yang belum tergarap seperti penyediaan perumahan untuk dosen dan karyawan”.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Pekanbaru Drs. Ingot Ahmad Hutasuhut mengarahkan agar segenap anggota koperasi merubahah paradigma berkoperasi karena koperasi adalah filosofi ekonomi. “Jangan hanya ingat koperasi ketika akan meminjam uang saja, koperasi adalah sokoguru perekonomian. Nomenklatur koperasi adalah Badan Usaha yang beranggotakan orang perorang, untuk itu agar komitmen berkoperasi terus ditingkatkan. Ingot mengakhiri bahwa pihaknya saat ini sedang mengembangkan e-koperasi. “Saat ini kami sedang mengembang e-koperasi, mudah-mudahan dalam waktu pertengahan tahun 2016 ini akan terwujud”.

Penyampaian LPJ Pengurus Kop Sang Surya 2013-2015

Blog Attachment