Pertama di Sumatera, Tahun Ini UMRI Mulai Terima Mahasiswa Prodi Humas

Universitas Muhammadiyah Riau tahun ini membuka program studi Hubungan Masyarakat. Hal itu dilakukan mengingat tingginya minat masyarakat pada program studi tersebut.

Riauterkini – PEKANBARU – Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) mulai tahun ini buka Program Studi Public Relations (PR) atau biasa disebut dengan Hubungan Masyarakat (Humas). Kepastian pembukaan program studi Humas itu sendiri ditandai dengan sudah turunnya Surat Keputusan (SK) dari Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) dengan nomor 77/KPT/I/2015 pada Oktober 2015 lalu.

“Alhamdulillah, jika sebelumnya selama ini Humas atau PR merupakan konsentrasi yang menjadi bagian program studi Ilmu Komunikasi sekarang sudah menjadi program studi, ” kata Wakil Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi Jayus SSos MIKom, Jumat (21/1/16).

Menurut Jayus, pembukaan Program Studi Humas itu sendiri mengingat tingginya minat masyarakat pada program studi tersebut. Selain itu, juga agar pembelajaran pada materi tentang kehumasan lebih konprehensif dan sesuai kebutuhan dunia kerja.

“Ini juga dalam rangka memenuhi perkembangan dunia kerja. Sehingga trend Humas juga terus berkembang. Dengan begitu, UMRI memiliki dua program studi pada Fakultas Ilmu Komunikasi, yakni Ilmu Komunikasi dan Humas. Sebelumnya pada program studi Ilmu Komunikasi terdapat empat konsentrasi antara lain; Konsentrasi Humas, Konsentrasi Film dan Broadcasting, Konsentrasi Jurnalistik serta Konsentrasi Periklanan,” ungkapnya.

Sebagai informasi, di Indonesia hanya sebagian kecil perguruan tinggi di Indonesia yang membuka program studi Humas atau PR, diantaranya Universitas Pajajaran (Unpad) Bandung. Di Sumatera sendiri baru UMRI yang membuka program studi Humas.