Muhammadiyah Dan Aisyiyah Riau Akan Gelar Musywil Ke -25

Cabang Istimewa Malaysia Dan Singapura Turut Hadir

Musyawarah Wilayah ke-25 Muhammadiyah wilayah RiauPekanbaru – Jika tidak ada aral melintang, Insya Allah tanggal 27-29 November 2015 akan digelar Musyawarah Wilayah Muhammadiyah dan Aisyiyah ke-25. Agenda kegiatan lima tahunan kali ini bertema “Revitalisasi Gerakan Pencerahan dan Konsistensi Perjuangan Menuju Riau Berkemajuan”. Prosesi pembukaan dijadwalkan pada (27/11) bertempat di Ballroom Hotel Mutiara Merdeka oleh ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Dr. H. Haedar Nasir, M.Si.

Ketua panitia pelaksana Drs. H. Arwin Ledy, M.Pd mengatakan, “Selain akan dihadiri 1000 an warga Muhammadiyah Riau dan peserta dari Pimpinan Daerah Muhammadiyah yang tersebebar di 12 Kabupaten / Kota, Musywil  ke-25 ini akan terasa spesial karena akan hadir pula Pimpinan Cabang Istimewa Malaysia dan Singapura”. Arwin menambahkan “untuk tamu dan undangan, panitia akan mengundang unsur Forkompimda Provinsi Riau seperti Plt Gubernur Riau, Kapolda Riau, Danrem 031 Wirabima, Danlanud Roesmin Nurjadin dan unsur lainnya. Kita juga mengundang Bupati / Walikota se Riau”.

Untuk menyemarakkan helatan ini, panitia telah mempersiapkan rangkaian kegiatan Pra Musywil. Rangkaian kegiatan itu antara lain Lomba Mewarnai dan Lomba Tahfidz Qur’an untuk siswa TK se kota Pekanbaru serta pembagian sembako bagi Dhua’fa yang dilaksanakan di Komplek Gedung Kampus Universitas Muhammadiyah Riau pada Ahad (22/11). Diperkirakan 500 siswa TK akan meramaikan perlombaan Mewarnai dan Lomba Tahfidz Qur’an.

Rangkaian kegiatan selanjutnya ialah Musyawarah Pimpinan Wilayah (Musypimwil) yang dilakukan untuk menjaring Bakal Calon Pimpinan Wilayah oleh peserta dari 12 kabupaten / Kota. Penjaringan dilakukan oleh Panitia Pemilihan (Panlih) pada (26/11) bertempat di Aula Universitas Muhammadiyah Riau. “Bismillah, mudah-mudahan semua rangkaian kegiatan akan berjalan sukses” tutup Arwin.

Ketua Panlih Drs. H. Raja Ramli Ibrahim mengatakan ”Tugas panlih ialah melakukan penjaringan Bakal Calon dengan mekanisme dan aturan yang telah dibuat sebelumnya. Mekanisme itu diantaranya adalah menjaring 75 orang bakal calon yang dinyatakan memenuhi persyaratan. Selanjutnya dari 75 orang bakal calon itu dimintai kesediannya dan hasilnya 63 orang menyatakan bersedia. Kemudian tahapan berikutnya adalah melakukan verifikasi lagi dan hasilnya 48 orang diantaranya telah menyatakan bersedia dan 45 orang diantaranya dinyatakan memenuhi syarat”

Dari 45 orang yg memenuhi syarat akan dibawa dalam musypimwil untuk selanjutnya dipilih menjadi 39 orang calon tetap dan  39 orang inilah akan dibawa dalam musywil untuk dipilih 13 orang formatur. Kemudian formatur 13 orang akan berembuk dan  menentukan ketua dan struktur PW Muhammadiyah  Riau periode 2015 -2020 pada (29/11). “Pekerjaan panlih cukup panjang dan sejak bulan Januari lalu kita sudah lakukan tahapan-tahapan sesuai ketentuan dan mekanisme” tutup pria yang akrab disapa RRI ini.

Terpisah Sekretaris Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Riau Drs. H. Amran Hasan, MM mengatakan bahwa ada tiga agenda pokok Musywil ke-25 Muhammadiyah Riau. Ketiganya adalah penyampaian dan tanggapan LPJ Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Riau periode 2010 – 2015, Penyusunan Program Kerja Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Riau untuk periode untuk lima tahun mendatang, serta pemilihan anggota Pimpinan Wilayah periode 2015 – 2020 dan pengesahan ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Riau periode 2015 – 2020. “Terakhir, agenda penutup Musywil ini ialah pembahasan masalah urgen Muhammadiyah (rekomendasi) terkait tema yang diusung yaitu Revitalisasi Gerakan Pencerahan dan Konsistensi Perjuangan Menuju Riau Berkemajuan” tutup Amran.