UMRI Selenggarakan Shalat Idul Adha di Kampus II

UMRI menyelenggarakan sholat Idul Adha 1436H di halaman Kampus IIBagi kalangan warga Muhammadiyah, pelaksanaan Shalat Idul Adha 1436 H/ 2015 mengacu pada Maklumat Pimpinan Pusat Muhammadiyah, No. 01/MLM/I.0/E/2015 tanggal 09 Rajab 1436 H / 28 April 2015 M tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadan, Syawal, dan Dzulhijah 1436 Hijriyah. Penetapan itu diantaranya menghasilkan ketetapan bahwa tanggal 1 Zulhijah 1436 H jatuh pada hari Senin Legi, 14 September 2015 M. Hari Arafah (9 Dzulhijah 1436 H) jatuh pada hari Selasa Wage, 22 September 2015 M, dan Idul Adha (10 Dzulhijah 1436 H) jatuh pada hari Rabu Kliwon, 23 September 2015 M.

Sehubungan dengan hal tersebut jajaran Pimpinan Wilayah, Daerah, Cabang dan Ranting Muhammadiyah untuk berpedoman menyelenggarakan Shalat Idul Adha pada tanggal 23 September 2015 yaitu jatuh pada hari Rabu (23/9). Demikian juga Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) yang merupakan salah satu amal usaha Muhammadiyah, menyelenggarakan Shalat Idul Adha pada waktu yang sama. Shalat idul Adha dilaksanakan di halaman Kampus 2, jalan Tuanku Tambusai Ujung, Pekanbaru. Diikuti 500 orang jamaah, hadir dalam Shalat Id tersebut, Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Riau Prof. DR. Ir. H. Irwan Effendi, M.Sc dan jajaran PWM lainnya, Mantan Gubernur Riau Drs. H. Wan Abubakar, Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Pekanbaru Drs. H. Rasyad Zein, MM, pimpinan Universitas Muhammadiyah Riau dan segenap civitas akademika serta warga Muhammadiyah lainnya.

 Dimulai pukul 07.30 WIB, Shalat Id berjalan khidmat dan lancar dengan Khatib DR. H. Abdul Wahid, MA dan sebagai Imam Arfanuddin Hasibuan, S.Ag. Dalam khutbahnya, khatib menyampaikan agar umat Islam selalu bersyukur kepada Allah SWT., memperbanyak ibadah dan belajar berempati kepada sesama dengan sebentuk tadliyah (pengorbanan) moral dan material. Mensyiarkan Idul Qurban dengan menyembelih, menyaksikan atau membantu prosesi penyembelihan hewan qurban demi memenuhi seruan Allah, meneladani Rasulullah, memperingati pengorbanan kekasih Allah Nabi Ibrahim dan Ismail AS serta untuk belajar berempati pada saudara-saudara kita yang kurang mampu. Ketua panitia pelaksana Abunawas, S.Ag., MM mengatakan “pelaksanaan Shalat Idul Adha di Kampus II UMRI ini adalah yang pertama kali.

Kedepan UMRI akan berkoordinasi dengan Pimpinan Wilayah dan Daerah Muhammadiyah untuk mengagendakan pelaksanaan shalat Idul Fitri dan Idul Adha di Kampus II setiap tahun”. Pada pelaksanaan Shalat Idul Adha ini, panitia berhasil mengumpulkan Infaq untuk pembangunan Masjid Baitul Hikmah yang merupakan masjid kampus Rp. 40 juta dari para jamaah. “Alhamdulillah Shalat Ied berjalan khidmat dan lancar tanpa halangan hingga selesai. Kami bersyukur telah berhasil mengumpulkan uang Rp. 40 juta dari para jamaah untuk pembangunan Masjid Kampus”, tutp Abunawas.**HUMAS***

Civitas Akademika UMRI mengikuti sholat Idul Adha di lapangan Kampus II         Suasana Shalat Idul Adha di lapangan Kampus II UMRI

Blog Attachment