UMRI Kirimkan Dua Tim Ikut PMW Nasional

Dua Tim PMW UMRI mengikuti PMW Nasional di Ambon, 9-13 September 2015PEKANBARU – Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) mengirimkan dua kelompok dalam Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) Nasional di Ambon. Berlangsung 9 September hingga 13 September mendatang, tim yang dikirim merupakan mahasiswa yang sukses mengikuti PMW Umri dan masih bertahan menjalan usaha.

Menurut Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat UMRI Muhammad Ridha Fauzi, tim yang dikirim memiliki usaha budidaya ternak kelinci dan usaha keripik tempe. Dua tim ini juga berhasil meraih dana penelitian dari Kopertis X karena memiliki inovasi dalam usaha mereka. 

“Tahun 2014 lalu ada empat karya mahasiswa PMW yang mendapatkan dana kopertis. Tapi hanya dua yang kita kirim ke Ambon karena dua tim lainnya sedang skripsi,” ujarnya Selasa (25/8).

Pengiriman mahasiswa ini diajang PMW nasional, lanjut Ridha, perdana bagi UMRI. Usaha yang dijalankan mahasiswa ini dibentuk dalam PMW UMRI 2014 lalu.

Saat itu ada sekitar 28 kelompok mahasiswa memilih PMW sebagai pengganti Kulliah Kerja Nyata (KKN) reguler. Selama tiga bulan mahasiswa mempersiapkan jenis usaha dan menjalankannya sebagai kegiatan kewirausahaan.

PMW sudah diterapkan UMRI tiga tahun terakhir. Tahun 2015 ini, jumlah peminat mahasiswa terus meningkat hingga 43 kelompok mahasiswa. “Mahasiswa memiliki potensi untuk meneliti dan berwirausaha. Melalui PMW ini kita pancing minat wirausaha mereka agar memiliki produk kreatif. Ketika PMW berakhir, diharapkan usaha yang mereka rintis tetap dijalankan sehingga ketika selesai kuliah, mereka bisa menjalankan usaha dan tidak mencari kerja,” katanya. (*)( sumber tribunpekanbaru Afrizal )