Universitas Muhammadiyah Riau dan PWI Riau teken MoU untuk Penerimaan Mahasiswa Jurnalistik

Universitas Muhammadiyah Riau teken MoU dengan PWI Riau untuk Penerimaan Mahasiswa Jurnalistik dari kalangan PersPEKANBARU– Untuk memudahkan insan pers atau wartawan yang ingin melanjutkan kuliah Strata Satu (S1) Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Muhamadiyah Riau (UMRI) teken MoU dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Riau, Sabtu (15/8/2015) di Gedung PWI Riau Jalan Arifin Ahmad.

 

MoU tersebut disampaikan langsung oleh Dekan Fakultan Ilmu Komunikasi UMRI Jupendri S.Sos, M.I.Kom dan Ketua PWI Riau Deni Kurnia didepan Plt Gubernur Riau serta para undangan yang hadir. Menurut Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi UMRI Jupendri S.Sos M.I.Kom didampingi Wakil Dekan Jayus S.Sos kepada Tribun, Minggu (16/8/2015), MoU dengan PWI tersebut adalah terkait pendidikan, pelatihan dan pengembangan bidang jurnalistik.

 

“Sebab saat ini kami sudah membuka jurusan pengembangan bidang jurnalistik,” ujar Jupendri.

 

Dengan adanya MoU tersebut kata Jupendri, maka bagi wartawan yang belum S1 bisa melanjutkan kuliahnya di UMRI. Dan dari PWI masuk kuliah di UMRI tanpa tes. “Kalau sudah 20 mahasiswa bisa dibuat satu lokal,” ucapnya. Kemudian tambahnya, UMRI juga akan meminta praktisi dari PWI bisa mengajar di UMRI.

 

“Hal ini sudah berlangsung, karena saat ini sudah ada staf pengajar dari kalangan wartawan sebelum dilakukan MoU,” ungkap Jupendri. Jadi MoU ini jelas Jupendri selain membuat kesepakatan baru juga memperjelas kesepakatan terkait staf pengajar di UMRI. 

 

MoU dengan UMRI tersebut disambut baik oleh Ketua PWI Riau Deni Kurnia. “Dengan adanya MoU ini tentunya wartawan yang tergabung dalam PWI yang belum S1 atau yang masih D3 bisa melanjutkan kuliahnya ke UMRI,” ujar Deni. Karena dengan adanya MoU itu, wartawan yang ingin kuliah di UMRI masuk tanpa tes dan langsung diterima.

 

“Kemudian kalau banyak bisa dijadikan satu lokasi,” ucap Deni. (sumber Tribun pekanbaru, laporan: Rino Syahril)