Mahasiswa UMRI Ciptakan Aplikasi Internet Awasi Penggunaan Komputer Anak

Mahasiswa Fasilkom UMRI Ciptakan Aplikasi Awasi Penggunaan Komputer AnakPEKANBARU –Penggunaan personal computer (PC) oleh anak, tidak bisa dihindarkan saat ini. PC yang terkoneksi internet harus diakui mampu memberikan informasi bagi anak. Banyak pengetahuan yang mereka peroleh bila digunakan secara bijak. Tapi orangtua tidak bisa sepanjang waktu memantau penggunaan PC oleh anak.

Berawal dari kekhawatiran menyalahgunakan penggunaan PC, tiga mahasiswa Universitas Muhammadiyah Riau (Umri) Simawas ((Sistem Informasi Pengawasan Komputer Anak).

Mohammad Naser, Mentari Ramadhani dan Ulva Elviani, membuat aplikasi yang memungkinkan orangtua melakukan pengawasan pada komputer anak meskipun mereka tidak berada di samping anak.

Aplikasi ini, ujar Naser, bekerja secara tersembunyi tanpa diketahui anak. Orangtua cukup menginstal tapi tidak akan tampak di desktop. Tempat penyimpanan aplikasi pun hanya diketahui orangtua. Ini berbeda dengan aplikasi blokir yang bisa diuninstal oleh orang lain.

Ada sejumlah fungsi yang ditawarkan melalui aplikasi ini. Fungsi capture, histori serta riwayat chat. Ketika komputer diaktifkan anak, aplikasi akan langsung bekerja. Secara berkala, layar akan tercapture secara otomatis.

Hasil capture ini akan terkirim ke email orangtua yang sebelumnya telah disetting. Capture gambar ini akan memperlihatkan halaman apa yang sedang dan telah dilihat anak. (*).( sumberTRIBUNPEKANBARU.COM )