Kandidat Ketua Umum Muhammadiyah 39 Orang

muktamarTRIBUNPEKANBARU.COM , MAKASSAR –Muktamar Muhammadiyah ke-47 telah memasuki proses sidang tanwir untuk memilih calon ketua umum Pengurus Pusat Muhammadiyah yang baru. Setidaknya, ada 82 nama calon yang ketua umum PP Muhammadiyah yang diusung pada Muktamar kali ini.

 

Anggota Tim Media Center Muktamar Muhammadiyah ke-47, Ahmad Ma’ruf menjelaskan, sebelumnya panitia pemilihan telah menerima formulir pernyataan bersedia atau tidak bersedia untuk dicalonkan sebagai ketua umum yang diserahkan oleh masing-masing pimpinan wilayah Muhammadiyah.

 

Dari formulir yang diterima, ada 82 nama yang bersedia dicalonkan menjadi ketua umum menggantikan Din Syamsuddin. “Saat ini proses penghitungan suara sedang berlangsung,” kata Ma’ruf saat dijumpai di Universitas Muhammadiyah Makassar, Sabtu (1/8/2015).

 

Ada pun sidang tanwir ini telah digelar sejak pukul 13.00 WIB, di Universitas Muhammadiyah Makassar. Sebanyak 204 orang pemilik suara dalam sidang tanwir kemudian memilih 39 nama calon ketua umum. Pemilik suara dalam sidang tanwir itu berasal dari unsur PP Muhammadiyah, pimpinan wilayah Muhammadiyah, perwakilan daerah dan organisasi otonom. “Kemungkinan nanti malam 39 nama itu sudah dapat ditentukan siapa saja,” ujarnya.

 

Kemudian, ke-39 nama tersebut akan dibawa ke sidang Muktamar Muhammadiyah yang rencananya akan digelar pada 3 Agustus 2015. Dalam sidang itu, pemilik suara dalam tanwir akan kembali memilih 13 nama calon ketua umum. “Biasanya nanti pemilik suara terbanyak akan menjadi ketua umum, dan yang lainnya menjadi ketua,” ujarnya.(*)