Kuliah Umum Fakultas MIPA dan Kesehatan UMRI “Sumber Daya Alam Dan Lingkungan Hidup Provinsi Riau”

Untitled1PEKANBARU – WWW.UMRI.AC.ID – Dalam rangka meningkatkan mutu kompetensi mahasiswa Universitas Muhammadiyah Riau khususnya mahasiswa Program Studi Biologi, Fakultas MIPA dan Kesehatan melaksanakan kegiatan Kuliah Umum bersama yang mengangkat tema “Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup Provinsi Riau” yang dilaksanakan pada hari jum’at, tanggal 29 Mei 2015 di Aula SMA Muhammadiyah Satu Kota Pekanbaru. Hadir dalam kuliah umum ini mahasiswa dari 4 program studi di Fakultas MIPA dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Riau yaitu : Prodi Biologi, Prodi Fisika, Prodi Kimia dan Prodi Keperawatan.

Kuliah umum ini mendatangkan narasumber yang sangat kompeten di bidang Lingkungan yang berasal dari Instansi Pemerintahan yaitu: Ibu Reni Nurhaeni S.Si,M.T dari Badan Lingkungan Hidup (BLH) Provinsi Riau, Drs. Amral Feri M.Si selaku Ketua Pusat Pengelolaan Ekoregion (PPE) Sumatra dan Bapak Suharyanto S.T, M.Si dari PPE Sumatra.

Kuliah umum ini membahas dan mengupas secara detil hal-hal yang menyangkut permasalahan tentang lingkungan meliputi: Kondisi SDA, pemanfaatan SDA, pengelolaan SDA dan perizinannya. Ibu Reni pada kesempatannya mengutarakan bahwa kondisi dan permasalahan lingkungan di provinsi Riau sudah pada tahap yang mengerikan. Banyak sekali kegiatan yang dilakukan oleh manusia membawa dampak yang buruk bagi lingkungan. Membuka lahan dengan sistem membakar hutan adalah salah satu fenomena yang sering terjadi di beberapa kabupaten di Provinsi Riau. Hal ini tentu saja menjadi satu permasalahan besar yang harus diatasi oleh segenap pihak, dan dimulai dari diri sendiri untuk sadar dan tanggap pada lingkungan.

UntitledPada kesempatan itu juga Drs, Amral feri M.Si dan Suharyanto M.Si mengupas secara detil tentang AMDAL dan segala macam perizinan yang harus dibuat oleh lembaga atau pelaku yang akan memanfaatkan lahan untuk peruntukan tertentu yang bersifat memberikan dampak kepada lingkungan dan individu yang berada disekitar lokasi atau lahan tersebut. Secara garis besar segala macam perizinan yang telah ditetapkan oleh pemerintah tersebut bertujuan untuk meminimalisir segala macam bentuk dampak negatif yang akan timbul akibat dari pelaksanaan suatu kegiatan oleh manusia.

Blog Attachment