Musyawarah Tingkat Wilayah Muhammadiyah Riau Tahun 2014

muspimwilsmPEKANBARU – Pimpinan  Wilayah Muhammadiyah Riau, dalam upaya melaksanakan program kerja sesuai dengan amanat Musywil Ke-23 Muhammadiyah Riau serta putusan Tanwir Muhammadiyah di Kalimantan Timur, baru-baru ini melaksanakan Musyawarah Pimpinan tingkat Wilayah (Muspimwil) Muhammadiyah Riau Tahun 2014.

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 10-13 Dzulqa’dah 1435 H./05-08 September 2014 M., bertempat di Nur Bukit Unggul Resort, Selangor-Malaysia yang dihadiri 73 orang peserta aktif dari unsur PW Muhammadiyah Riau, PD Muhammadiyah se-Riau, Pimpinan Majelis/Lembaga serta Organisasi Otonom tingkat Wilayah Riau dan undangan khusus lainnya yang mengusung tema Dakwah Pencerahan Menuju Keunggulan Persyarikatan.

Muspimwil ini dibuka secara resmi oleh Prof. Dr. H. Muhammad Nazir, MA. (Wakil Ketua PW Muhammadiyah Riau). Dalam amanat pembukaannya beliau menyampaikan bahwa Muspimwil kali ini memang berbeda tempat pelaksanaannya dengan kegiatan Muspimwil sebelumnya. PW Muhammadiyah Riau melalui Urus Setia Muspimwil Muhammadiyah Riau memandang perlu melaksanakan kegiatan ini di Luar Negeri tepatnya di Negara Jiran Malaysia. Selain hal tersebut, beliau juga berpesan agar seluruh peserta dapat memahami betapa besarnya Persyarikatan Muhammadiyah yang hampir menginjak usia ke-105 ini.

Muhammadiyah bukan hanya ada di Bumi Nusantara saja, namun sudah merambah hampir kesemua Ibu Kota Negara di Dunia dan khususnya di Negara Asia. Oleh karenanya, kepada Pimpinan dan Warga Persyarikatan dituntut untuk lebih berfikir secara global dan harus mampu mengikuti perkembangan dan tekhnologi yang ada. Muhammadiyah harus maju dan terus berkembang, serta diharapkan dapat menciptakan metode-metode dakwah menuju pencerahan yang menyentuh seluruh aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.  

Bersempenaan dengan kegiatan Muspimwil tersebut dilaksanakan juga Seminar Internasional dengan tema Pembaharuan Pemikiran dalam Islam di Indonesia-Malaysia. Hadir sebagai pembicara dalam kegiatan ini, Prof. Dr. H. Sudirman M. Johan, MA. (PW Muhammadiyah Riau), Ustad Syofwan Badrie bin Ahmad Badrie (Ketua Pengurusy Pertubuhan Kebajikan Al-Nidaa’ Malaysia), serta Afriadi Bin Sanusi, SHI., MH. Ph.D. (Cand). (PCI Muhammadiyah Kuala Lumpur) yang dipandu oleh Drs. Elfiandri, M.Si. Pada seminar tersebut, seluruh pemateri menyuguhkan perkembangan dan sejarah peradaban Islam di Indonesia dan Malaysia. Hal ini tidak lepas atas persanserta dan andilnya KH. Ahmad Dahlan dalam Gerakan Dakwah Amar Ma’rufnya melalui Pergerakan Persyarikatan Muhammadiyah. Untuk itu, tidak dapat dipungkiri bahwa Muhammadiyah dalam menwujudkan maksud dan tujuan memiliki banyak Amal Usahanya yang tersebar di seluruh Dunia.

Pada kesempatan lain, PW Muhammadiyah Riau mengucapkan terimakasih kepada Pertubuhan Kebajikan Al Nidaa’ Malaysia serta Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah – Kuala Lumpur yang berkenan membantu bahkan memfasilitasi kegiatan Muspimwil ini. Merupakan suatu kehormatan dan penghargaan kepada Persyarikatan Muhammadiyah Riau, sebab tanpa diawali dengan naskah kesepakatan dan kerjasama antar lembaga, kegiatan ini dapat terlaksana sebagaimana yang diharapkan. Bantuan dan dukungan dari semua pihak, sungguh tidak dapat dinilai dengan materi, hanya kepada Allah Swt., kami berserah diri dan semoga kita senantiasa mendapat hidayah dan rahmat Allah Swt.  

Muspimwil ditutup secara resmi oleh Drs. H. Raja Ramli Ibrahim (Wakil Ketua PW Muhammadiyah Riau), dalam kesempatan tersebut beliau menyampaikan bahwa putusan Muspimwil ini harus segera direalisasikan dalam pelaksanaan program yang nyata. Putusan Muspimwil Muhammadiyah Riau meliputi; Penetapan penambahan anggota PWM Riau, penetapan Tata Tertib dan Panitia Pemilihan Muswil Ke-24 Muhammadiyah Riau, Konsolidasi Organisasi, Sukses Muktamar Ke-47 Muhammadiyah dan sosialisasi Managemen Cash Muhammadiyah. Pada puntupan juga diberikan cendera hati serta sertifikat Seminra International dan piagam penghargaan kepada seluruh peserta.

Dalam padatnya jadwal kegiatan Muspimwil, diselengi juga acara kunjungan ke Komplek Pemerintahan Negara Malaysia dan Masjid Mizan Zainal Abiddin di Komplek Putra Jaya-Malaysia. (Muhammad Anwar Siregar)