Kegiatan Silaturrahim Pimpinan Cabang Dan Ranting Muhammadiyah Se-Riau

spcrPEKANBARU – PW Muhammadiyah Riau baru-baru ini melaksanakan kegiatan Silaturrahim Pimpinan Cabang dan Ranting (SPCR) Muhammadiyah se-Riau, Tahun 2014. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 7-8 Juni 2014 bertempat di Hotel Mona-Pekanbaru dan dihadiri 186 orang peserta yang terdiri dari unsur Pimpinan Wilayah hingga Ranting Muhammadiyah se-Riau.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Wakil Ketua PW Muhammadiyah Riau Drs. H. Raja Ramli Ibrahim. Dalam amanatnya beliau menyampaikan bahwa hal ini merupakan agenda tahunan PW Muhammadiyah Riau dan ini merupakan kegiatan yang ke-Empat kalinya.

Selian itu SPCR ini juga merupakan sarana komunikasi, infromasi dan silaturrahim antar pimpinan yang bertujuan untuk membangun serta synergisitas program dan kebijakan antar pimpinan ditingkat Daerah hingga Ranting Muhammadiyah di Prov. Riau. Salah satu program utama Persyarikatan adalah membangun kemandirian ekonomi melalui program Cash Manajemen System (CMS) sebagaimana instruksi PP Muhammadiyah.

Turun hadir dan menyampaikan makalahnya pada kesempatan itu adalah Drs. H. M. Goodwil Zubir (Ketua PP Muhammadiyah). Dalam makalahnya beliau lebih menintik beratkan materinya tentang bagaimana kiat atau cara dalam menghidup suburkan Pengajian serta Pola Pengembangan & Pembinaan Cabang & Ranting Muhammadiyah. Selain itu beliau juga menyampaikan ”Bahwa berkaitan dengan posisi strategis yang dimiliki oleh Muhammadiyah, guna mempersiapkan pembinaan kader, pendidikan, pengawasan dan pelaksanaan program perlu dilakukan secara kontiniu dalam bentuk kreatif serta dapat mengikat kader/anggotanya dengan prinsip kemandirian, Ilmu pengetahuan dan tekhnologi, kreativitas, disiplin serta komitment untuk mencapai tujuan yang diharapkan, maka Pimpinan Daerah hingga Ranting sebagai tingkatan Persyarikatan yang berhadapan langsung dengan persoalan yang ada dalam masyarakat, perlu dipimpin oleh pimpinan yang selalu mampu merespon dan menyelesaikan persoalan tersebut serta dapat melaksanakan Dakwah Islam Amar Ma’ruf Nahi Mungkar dengan manajemen yang mantap”- ujarnya beliau.

Sedangkan Ketua PW Muhammadiyah Riau dalam arahannya pada saat penutupan meminta kepada seluruh Pimpinan pada tingkatan untuk lebih serius dan dapat berkerjasama dalam melaksanakan maksud dan tujuan serta program-program persyarikatan sebagaimana yang telah diamanatkan dalam permusyawaratan. Kerjasama Persyarikatan dengan Amal Usaha Muhammadiyah dan elemen lainnya merupakan modal bagi institusi ini untuk bertahan dan maju, maka penguatan dan pembinaan Amal Usaha Muhammadiyah harus terus dilakukan sehingga AUM dapat dijadikan mitra utama dalam pengembangan Persyarikatan.  (Muhammad Anwar Siregar)