Baidarus Pimpin HW Umri Hizbul Wathan Umri Terbentuk

umri-mediaPekanbaru, (Humas) – Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan (HW) Universitas Muhammadiyah Riau (Umri) resmi terbentuk. Pengukuhan HW Umri dilakukan oleh Ketua Kwartir Pusat (Kwarpus) Gerakan Kepanduan HW, H Darul Arif, di Aula Kampus UMRI, Jalan KH. Ahmad Dahlan, Sabtu, (24/1) di Pekanbaru.

Pimpinan GeRAKAN Kepanduan HW Umri, Baidarus mengatakan keberadaan HW ini lebih menegakkan pada pembinaan prilaku dan akhlak para anggotanya. HW ini hampir sama dengan pramuka yang dibentuk pemerintah, namun keberadaan HW hanya dipakai internal kelembagaan pendidikan Muhammadiyah saja. Jadi, bagi sekolah maupun perguruan tinggi Muhammadiyah wajib memiliki gerakan kepanduan HW tersebut. “HW ini adalah salah satu organisasi otonom muhammadiyah dibidang gerakan kepanduan. Salah satu organisasi otonom Muhammadiyah adalah Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan. Organnisasi otonom ini harus hidup di Amala Usaha Muhammadiyah salah satunya di perguruan tinggi Muhammadiyaah seperti UMRI”, ujar Baidarus seusai pengukuhan.

 

Ditanya program kerja jangka pendek dikepemimpinannya, Baidarus mengatakan, langkah awal dirinya akan melakukan konsolidasi sekaligus pelatihan terhadap anggota kepengurusan. “Umri memang baru kali ini memiliki gerakan kepanduan HW. Jadi, program kerja jangka pendek kita adalah memberi pemahaman kepada para anggota tentang keberadaan HW itu sendiri, melalui pelatihan Jaya Melati I,” Katanya.

Jika para anggota ini sudah mengikuti pelatihan tersebut, kata Baidarus, selanjutnya para pengurus ini akan mensosialisasikan ke tingkat fakultas, dimana nanti pihak fakultas yang akan merekrut anggota dari kalangan mahasiswa yang bermminat ikut organisasi ini.

Sementara itu, Raja Ramli, mengatakan bahwa saat ini gerakan kepanduan HW di Riau telah memiliki 6 kwartir daerah, yakni Pekanbaru, Siak, Kampar, Kuansing, Dumai dan Rohil. “Jadi ada 6 daerah lagi yang belum memiliki kwartir daerah,” kata Raja Ramli.

Turut hadir dalam pengukuhan ini, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Riau, Irwan Effendi, Wakil ketua PW Muhammadiyah Riau, Raja Ramli, Ketua Badan Pelaksana Harian (BPH) Umri, Yusman Yusuf dan DPM se Riau. Selain dilakukan pengukuhan HW Umri juga acara dibarengi dengan konsolidasi wilayah muhammadiyah se-Riau.