BKKBN Riau Gandeng Organisasi Guru Dan Perguruan Tinggi Di Riau

bkkbn

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) – Badan Kependudukan dan Keluaraga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Riau menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan organisasi guru dan beberapa perguruan tinggi di Riau terkait kerjasama program pendidikan kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga, Kamis (4/9/2014) di Hotel Alpa Jl H Imam Munandar Pekanbaru.

Penandatangan MoU dilakukan antara BKKBN Riau dengan Persatuan Guru Republik Indonsia (PGRI) Riau, Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI), Universitas Lancang Kuning (UNILAK), dan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Hangtuah Pekanbaru.

 

Kepala perwakilan BKKBN Riau Drs H Indrawarman MSc MM mengatakan, dengan adanya kerja sama ini diharapkan kedepannya akan tercipta generasi berencana yang tangguh dalam menghadapi berbagai masalah remaja seperti narkoba, seks bebas, HIV/AIDS sehingga tercipta keluarga yang kuat, dan mandiri dan terhindar dari berbagai persoalan-persoalan kependudukan.

” Dengan kerjasama ini, para dosen, guru dan mahasiswa diharapkan ikut membantu pemerintah dalam mensosialisasikan program keluarga berencana (KB) di lapangan seperti membuat penyuluhan atau seminar pendidikan kependudukan kepada masyarakat.” kata Indra dalam keterangannya kepada press.

Senada dengan itu, Ketua PGRI Provinsi Riau Prof. Dr. H Isjoni MSi menyatakan dukungan PGRI Riau terhadap kerjasama ini. Terlebih dengan akan dimasukkannya pendidikan kependudukan dalam program studi yang akan diajarkan ditingkat sekolah.

” Nantinya akan ditetapkan dulu guru-guru tertentu untuk mendalami pendidikan kependudukan ini, sehingga program ini dapat segera diimplementasikan ditingkat sekolah. ” katanya.

Sementara itu, Rektor UMRI Prof Dr H. Mubarak MSi menyampaikan, walaupun kerja sama resmi antara Universitas Muhammadiyah Riau dengan BKKBN baru pertama terjadi namun hubungan perserikatan Muhammadiyah dengan BKKBN sudah terjalin cukup lama.

” Universitas Muhammadiyah Riau memiliki catur darma yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. ini artinya kami tinggal membuat program-program untuk mendukung kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan BKKBN.” katanya.

Penandatanganan MoU yang dilaksanakan bersamaan dengan pembukaan Rapat Penelaahan Program Kependudukan, KB dan Pembangunan Keluarga Provinsi Riau Tahun 2014, disaksikan oleh Inspektur Utama BKKBN Pusat Dra Mieke Selfia Sangian dan Direktur Kespro BKKBN Pusat Dr Wicaksono.(fit)