Sambutan Ketua LPPM UMRI & Pembekalan KKN 2014

  1. Yang terhormat Rektor Universitas Muhammadiyah Riau

  2. Yang terhormat Para Wakil Rektor Universitas Muhammadiyah Riau

  3. Yang terhormat Para Dekan di lingkungan Universitas Muhammadiyah Riau

  4. Yang terhormat Kepala Biro di lingkungan Universitas Muhammadiyah Riau

  5. Yang terhormat Ketua Lembaga dan UPT di lingkungan Universitas Muhammadiyah Riau

  6. Yang terhormat Motivator Motivasi Nasional (Genggam dunia di usia muda, menjadi enterpreneur di usia muda dan impian setiap orang) Bpk Adi ……

  1. Yang terhormat Ketua Prodi di lingkungan Universitas Muhammadiyah Riau

  2. Yang terhormat Para DPL KKN dan Mentor PMW, Mahasiswa Peserta Pembekalan KKN Universitas Muhammadiyah Riau yang berbahagia

Bagi para mahasiswa semester akhir, Kuliah Kerja Nyata atau yang akrab disingkat KKN, adalah salah satu agenda yang paling dinanti. KKN dipandang sebagai salah satu sarana mahasiswa dalam mengaplikasikan disiplin ilmu yang selama ini mereka tekuni dalam dunia nyata, khususnya dalam hal pemberdayaan masyarakat.

Di Universitas Muhammadiyah Riau, Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan mata kuliah dengan bobot 2 SKS, yang tercantum dalam kurikulum Universitas tahun 2010 dah harus ditempuh oleh semua mahasiswa program Strata 1 (S1). Mata kuliah KKN disiapkan dalam rangka mengembangkan kompetensi mahasiswa melalui pengalaman nyata di masyarakat. Dengan pengalaman tersebut, mahasiswa diharapkan memperoleh kemampuan generative berupa life skill (kecakapan hidup) seperti kemampuan berfikir dan bernalar secara analitik berdasarkan sumber empirik dan realistik.

LPPM berperan sebagai lembaga yang mengkoordinir kegiatan pengabdian termasuk KKN akan memberikan warna sebagai insan akademi dalam memberikan pembelajaran kepada masyarakat untuk menghadapi problema yang ada di tengah-tengah mereka.

Adapun tahapan-tahapan persiapan dan pelaksanaan KKN dapat dirinci sebagai berikut: :
1. Sosialisasi  

2. Pendaftaran (Telah mengalami 2 kali perpanjangan)

3. Pembekalan (6 Agustus 2014)

4. Pelepasan oleh Rektor (11 Agustus 2014)

5. Pelaksanaan KKN (11 Agustus – 11 September 2014)

6. Pelaksanaan PMW (6 Bulan)

6. Monitoring dan Evaluasi DPL (awal – akhir KKN dan PMW)


Adapun pelaksanaan KKN dan PMW yang direncanakan di bulan Juli 2014 atau awal Ramadhan 1435 H kemaren atas pertimbangan bahwa Bulan Juli mahasiswa masih melaksanakan UAS, sementara bulan Juli mahasiswa melaksanakan UTS dan ibadah Puasa/Lebaran Idul Fitri dan waktu persiapan yang sangat sedikit sehingga dikhawatirkan pelaksanaan KKN dan PMW tidak akan efektif maka diundur pelaksanaannya setelah lebaran.

Bapak Ibu yang terhormat dan hadirin yang berbahagia

Nantinya mahasiswa peserta KKN akan dibimbing oleh DPL dan mahasiswa PMW akan dibimbing Mentor. DPL dan Mentor merupakan ujung tombak pendamping mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan KKN dan PMW. Tugas utama DPL dan Mentor adalah sebagai pembimbing mahasiswa di lokasi KKN dan PMW. Menjadi DPL dan Mentor merupakan salah satu wujud pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni pengabdian kepada masyarakat. Pelaksanaan KKN dan PMW membutuhkan pengawalan, yaitu dengan diadakannya DPL KKN sebagai pembimbing mahasiswa di lokasi KKN. Diantara tugas DPL dan PMW adalah membantu penyusunan program, matrik kegiatan, catatan harian mahasiswa, dan lain-lain.

Dari 320 jumlah keseluruhan mahasiswa Peserta KKN dan PMW ini yang akan disebar di 17 desa, 3 kecamatan, dan 2 Kabupaten/kota yaitu Kabupaten Kampar dan Kota Pekanbaru kami harapkan agar peserta KKN tahun sekarang dapat mengabdi di masing-masing lokasi dengan baik karena anda merupakan Duta dari Universitas Muhammadiyah Riau dan harus memberikan kontribusi yang baik sehingga dapat membanggakan nama perguruan tinggi kita.

Pendekatan kepada orang di desa harus didekati sedikit demi sedikit untuk membangun kepercayaan mereka terhadap kita selaku Mahasiswa yang akan mengadakan KKN di sana, karena ada istiadat orang di desa berbeda dengan adat istiadat orang di kota dan diusahakan untuk menerapkan keilmuan kita kepada masyarakat, agar berguna dan bermanfaat bagi mereka (masyarakat di desa).

Selamat ber KKN dan PMW semoga mahasiswa semua dapat mengikuti pembekalan ini dengan sebaik-baiknya.

Terima kasih

Assalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh.