2 Penelitan Hibah Bersaing UMRI Lolos Evaluasi

umri-mediaSebanyak dua judul penelitian Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) dinyatakan lolos Desk Evaluasi dan mendapatkan pendanaan penelitian dari Dikti melalui DIPA Kopertis Wilayah X Sumbar-Riau-Jambi Tahun 2014. Rektor UMRI Dr. H. Mubarak, M.Si mengatakan kedua judul penelitian desentralisasi yang lolos tersebut termasuk ke dalam skema Penelitian Hibah Bersaing. “Penelitian yang dilakukan merupakan salah satu tugas utama para dosen karena melalui penelitian, dosen dapat mengembangkan pengetahuan baru, memperkaya khasanah keilmuan dosen dan meningkatkan kualitas pengajaran dosen di kelas serta dapat mengaplikasikannya di tengah masyarakat. Untuk memotivasi dosen lebih aktif melakukan penelitian, UMRI membuat kebijakan dengan menganggarkan dana penelitian internal yang disesuaikan dengan kemampuan Universitas.

Bagi perguruan tinggi, penelitian dosen selain menambah referensi pengetahuan, juga akan meningkatkan citra perguruan tinggi, menjadikan perguruan tinggi tersebut dikenal sebagai sumber pengembangan ilmu pengetahuan. Oleh karena itu, kegiatan penelitian harus terus dipacu, baik dari segi kualitas maupun kuantitasnya. Menyadari akan pentingnya penelitian dosen, UMRI menjadikan penelitian sebagai agenda penting dalam program kerjanya.

Menurut Ketua LP2M UMRI, M. Ridha Fauzi, ST, MT, kedua proposal yang lulus tersebut atas nama peneliti Drs. Yuhelson, MT dari Fakultas Teknik dengan judul penelitian “Produksi biodisel menjadi bahan bakar terbarukan yang lebih ramah lingkungan dan ekonomis menggunakan katalis heterogen dari lempung dan batu kapur” dan Vitriani, M.Kom dari Fakultas Ilmu Komputer dengan judul penelitian “Perancangan aplikasi expert system pada penentuan jurusan calon mahasiswa baru menggunakan pendekatan Bayesian Network di Universitas Muhammadiyah Riau”.

Tahapan kegiatan penelitian selanjutnya adalah para peneliti akan mempresentasikan proposal penelitian mereka yang diundang dalam Seminar Usulan Penelitian Desentralisasi tahun 2014 di Hotel Basko Padang dari tangal 19 – 20 Agustus 2014. Ditambahkan beliau, untuk lebih memacu semangat para dosen UMRI untuk meneliti, ke depan akan dilaksanakan program peningkatan kuantitas dan kualitas penelitian melalui workshop penulisan penelitian dosen pemula dan penelitian hibah bersaing.