Berkat Tugas Kuliah, Mahasiswa UMM Ini Ciptakan Chat Messenger

usmanstaMahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) kembali membuat gebrakan. Melalui “tangan dingin” Ali Usman, ia membuat aplikasi chat messenger bernama UMM Messenger.

Mahasiswa jurusan Teknik Informatika (TI) semester 6 ini sebenarnya sudah membuat aplikasi ini sejak semester 5 lalu. Namun, aplikasi berbasis android ini masih sebatas prototype.

“Waktu semester 5 itu sebenarnya untuk tugas kuliah dan dikerjakan dalam waktu 9 hari saja. Aplikasi itu jadi, namun tidak bisa digunakan karena banyak errornya,” tuturnya saat diwawancarai di kantor Humas UMM, Selasa (6/5).

Setelah sempat gagal, proyek UMM Messenger yang bertujuan untuk menghubungkan seluruh civitas akademika UMM ini dilanjutkan kembali untuk memenuhi tugas besar dari jurusannya. Ia pun berpikir untuk membuatnya kembali dari awal dan menyempurnakan aplikasi chat messenger tersebut.

“Kalau yang ini saya buatnya hanya saat weekend saja, namun dikerjakan selama bertahap, jadi agak lama. Buat aplikasi itu gampang, tapi aplikasi yang sempurna itu harus bertahap,” kata mahasiswa angkatan 2011 ini.

Usai dibuat kembali, Usman belum mempublikasikannya secara langsung. Aplikasi itu hanya ia posting di grup Facebook IT UMM Show Off, tempat mahasiswa TI UMM memamerkan karyanya. Tanpa diduga, banyak temannya yang memakai dan membagi-bagikan aplikasi ciptaannya itu. Akhirnya, UMM messenger mulai terkenal pada Senin (5/5) malam melalui berbagai media sosial seperti facebook dan twitter. (umm.ac.id/humasristek)