Mahasiswa FT UNY kembangkan Aplikasi Pencari Arah Qiblat

arqiblatArah kiblat adalah hal penting bagi umat Islam, karena kiblat menjadi acuan bagi ibadah shalat. Namun sering ketika melakukan perjalanan, atau dilokasi yang belum dikenal, orang tidak tahu arah kiblat yang tepat dimana. Melihat permasalahan tersebut, sekelompok mahasiswa yang tergabung dalam Tim Read Basmallah menciptakan AR-Qiblat aplikasi penunjuk arah Qiblat dengan menggunakan teknologi Augmented Reality. Tim ini terdiri dari mahasiswa program studi Pendidikan Teknik Informatika angkatan 2011, yaitu Hardika Dwi Hermawan, Miftah Rizqi Hanafi, Sidik Nurcahyo, dan Azis Amirulbahar.

“Kebingungan dalam menentukan mana arah kiblat dapat diatasi dengan pemanfaatan teknologi yang sudah berkembang saat ini dan dapat menentukan arah kiblat dengan tepat. Dengan menentukan koordinat Kabah di Mekkah dalam aplikasi, arah kiblat yang ditunjukkan akan sesuai dengan arah kiblat yang sebenarnya,” ungkap tim Read Basmallah.

Aplikasi Ar-Qiblat dibangun menggunakan platform Windows Phone. Pengguna tinggal menyorotkan kamera kearah yang dicari, dan pemberitahuan qiblat akan muncul ketika ada di arah yang tepat. Selain fitur pencarian arahqiblat, terdapat fitur pencarian masjid terdekat serta info-info islam.

“Teknologi AR atau Augmented Reality yang digunakan dalam aplikasi ini akan menjadikan aplikasi ini lebih inovatif dan menarik digunakan karena user langsung terlibat dalam penentuan arah lokasi,”Teknologi Augmented Reality merupakan teknologi yang memberikan pengalaman digital secara lebih nyata bagi pengguna. Teknologi ini menggabungkan antara dunia digital dan kehidupan nyata.

Aplikasi Ar-Qiblat ini banyak mendapat apresiasi positif, dan pernah menjadi finalis sepuluh besar di lomba U-champ Lomba Aplikasi Bernilaikan Islami di Universitas Indonesia. Aplikasi ini juga sudah bias diunduh secara gratis di http://www.windowsphone.com/id-id/store/app/ar-qiblat/1fb4e465-a7b4-43f1-8e78-2ce280805fce. (ft.uny.ac.id/ humasristek)