Konjen Jepang Kunjungi Diniyah Putrid dan Umri

umri-mediaKota (RP) – konsulat Jendral (konjen) Jepang di Medan melakukan kunjungan silaturahmi ke sekolah Diniyah Putri, jalan KH Ahmad Dahlan dan Universitas Muhammadiyah (Umri), senin (24/3) siang. Rombongan dipimpin langsung konsul Jendral Yuji Hamada. Saat mengunjungi Diniyah Putri, Yuji Hamada disambut ketua Yayasan Diniyah, Prof Dr HJ Ellydar Chaidir SH MHum bersama keluarga besar sekolah Diniyah Putri. Yuji Hamada mengatakan banyak peluang yang bias dikembanmgkan untuk program kerja sama yang diinginkan Diniyah Putri. Seperti misalnya ahli teknologi terutama dibidang pertanian.
“apalagi Riau ini memiliki sumber daya alam yang bagus, sehinnga banyak potensi yang bias dikembangkan nantinya,” ujarnya.

Sementara Ellydar menyambut baik peluang kerjasama yang bias dilakukan antara Yayasan Diniyah Putri dengan pemerintah Jepang. “Dengan pertemuan ini bias dibicarakan berbagai peluang kerja sama seperti pertukaran guru, pelajar dan ahli teknologi seperti keterampilan maupun pertanian. Disamping itu juga membukan peluang bantuan dibidang pembangunan gedung Mts Diniyah Putri,” jelasnya.

Beri kuliah Umum di Umri

Pada sore harinya, Yuji Hamada memberikan kuliah umum di Umri. Kegiatan yang dilaksanakan di aula kampus ini diikuti oleh pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Riau, Pimpinan daerah Muhammadiyah (PDM) Pekanbaru, dosen mahasiswa dan juga mejelis guru sekolah-sekolah Muhammadiyah.

Menurut Yuji Hmada, Sumatera merupakan wilayah yang sangat subur dan sumber daya alam (SDA)-nya sangat berpotensi. Namun sayangnya pengelolaan yang dilakukan belum maksimal. “jika potensi SDA yang dimilki Riau ini dipadukan dengan teknologi Jepang tentu hasilna akan sangat luar biasa,” katanya.

Sementara itu Wakil Rektor III UMRI M Rasyad Zein menunturkan pihaknya akan menjalin kerja sama ekonomi, sumber daya manusia dan budaya. “ini merupakan tindak lanjut pertemuan beberapa waktu lalu. Karna sebelumnya kami telah mengirimkan delegasi untuk belajar ke Jepang menepati janjinya untuk mengnjungi Umri,” ujarnya. (I)