Kurio, Aplikasi Lokal Bikin Pintar

kurioTidak sulit mencari informasi di era digitalisasi seperti sekarang ini. Hanya satu klik, Anda bisa mendapatkan informasi yang diinginkan dalam sekejab. Masalahnya, apakah itu sudah cukup. Tentu saja tidak, masih ada pengembangan lebih lanjut yang kian memanjakan para eksplorer dunia maya. Ini yang ditangkap para pengembang aplikasi. Lahirlah aplikasi pembaca konten.

Melulu imporkah?, jangan salah. Kini, banyak pengembang lokal yang ingin menerjemahkan kebutuhan para eksplorer ini guna mendapatkan apa yang mereka inginkan. Syaratnya gampang saja, gratis. David Wayne Ika, Director of Product Business Development Merah Putih Inc menuturkan pada dasarnya masyarakat Indonesia itu memiliki keingintahuan yang besar akan sesuatu. Artinya, ada semangat membaca yang tinggi. “Sekarang ini untuk aktualisasi diri butuh referensi informasi. Melalui referensi ini mereka menjadi serba tahu,” kata dia.

David mengungkap keberadaan Twitter dan jejaring sosial yang ada di Indonesia merupakan titik balik betapa besar minat masyarakat Indonesia untuk ingin tahu, secara tidak langsung mendorong masyarakat untuk rajin membaca. Persoalannya, kata dia, fitur personalisasi informasi pada jejaring sosial tersebut belumlah spesifik dengan apa yang mereka inginkan. Jadi, ada satu celah kemauan yang tentunya harus dipenuhi. Misalnya, informasi seperti hobi, startup, pemasaran, desain, dan lainnya.

“Untuk itu, kami kembangkan Kurio,” kata dia. Menurut David, Kurio ini merupakan aplikasi untuk menemukan konten yang bisa dipersonalisasi sesuai dengan kebutuhan pengguna. Penyesuaian ini mempermudah para pengguna untuk mencatat konten apa yang disukai. “Anda bisa berpindah pilihan kategori, cukup geser untuk membaca, dan Anda bisa membagikan share konten via jejaring sosial,” kata dia.

David mengakui aplikasi ini merupakan pengembangan dari aplikasi impor seperti Flipboard yang lainnya. Ia memastikan aplikasi ini fokus pada pengguna lokal, namun tetap mengakomodir kebutuhan konten berbahasa Inggris. Namun, lagi-lagi itu kembali kepada penggunannya. Secara keseluruhan, tampilan aplikasi ini sangat menyegarkan mata dan layak untuk dicoba. Apalagi sekarang ini, Kurio sudah tersedia di pengguna iOs dan Android. Penasaran, coba saja. (republika.co.id/ humasristek)