Kembangkan Kajian Timur Tengah, Kemenlu Gandeng HI UMM

umm57Malang – Sebanyak lebih dari 100 mahasiswa jurusan Hubungan Internasional (HI) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) mengikuti kuliah tamu oleh Kepala Biro Kawasan Timur Tengah Kementrian Luar Negeri (Kemenlu) RI Boy Darmawan MA, Senin (24/02) di Aula Masjid AR Fachruddin UMM. Menurut sekretaris jurusan HI UMM Muhammad Syaprin Zahidi SIP MA, kuliah tamu ini merupakan langkah awal kerjasama Kemenlu dan HI UMM sebelum nantinya menandatangani memorandum of understanding (MoU) untuk pengembangan penelitian kawasan Timur Tengah.

“Sementara ini ada dua kampus yang dilibatkan Kemenlu dalam proyek penelitian lintaskawasan tersebut (Indonesia-Timur Tengah), yaitu UMM dan Universitas Gajah Mada.” Ke depan, lanjut, Syaprin, kerjasama ini bertujuan membuat rekomendasi kebijakan dari Timur Tengah untuk pemerintah Indonesia.

Ketua jurusan HI UMM Gonda Yumitro SIP MA mengungkapkan, penandatangan MoU rencananya akan dilaksanakan bulan depan. “Kerjasama ini merupakan salah satu upaya kita agar senantiasa menyiapkan diri menghadapi tantangan zaman yang kian mengglobal,”tuturnya. (umm/muhammadiyah.or.id)