PD Muhammadiyah Medan Berangkatkan Tim Peduli Pengungsi Sinabung

pdm medan 2Medan, 25 Januari 2014 | Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Medan memberangkatkan tim Peduli Pengungsi Erupsi Sinabung, Sabtu pagi (25/1) menuju kota Kabanjahe. Tim Peduli Sinabung Muhammadiyah Medan ini akan bergabung dengan tim PD Muhammadiyah Karo, MDCM (Muuhammadiyah Disaster Center Manajemen) Karo untuk mendampingi pengungsi, khususnya dua titik lokasi yang dikelola Muhammadiyah.

Ketua Tim PD Muhammadiyah Medan Peduli Sinabung, Syahrul Jalal { foto} dalam keterangan persnya menjelaskan, tim yang diberangkatkan ini akan melakukan aktfitas layanan kesehatan, layanan sosial, layanan ruhaniah. Untuk layanan sosial, Tim PDM Kota Medan yang berkolaborasi dengan PD Aisyiyah Kota Medan akan menyerahkan bantuan yang dikumpul tim dalam bentuk uang tunai, bahan makanan dan kebutuhan hidup pengungsi.

Sedangkan layanan kesehatan, tim membawa tenaga dokter dan paramedis akan memberikan pengecekan dan pengobatan bagi pengungsi yang mengalami gangguan kesehatan. Sedangkan untuk layanan ruhaniah, dilakukan tausyiah. Kegiatan ini melibatkan majelis Kesehatan dan Majelis Tabligh Muhammadiyah dan Aisyiyah. “ Tim akan melakukan masak bersama dengan pengungsi, khususnya untuk penyediaan bubur kacang hijau dari telur rebus,” jelas Syahrul Jalal.

Masih dari penjelasan Syahrul Jalal, PD Muhammadiyah Kota Medan menggalang dana dari warga Muhammadiyah lewat Gerakan Amal Saleh untuk Sinabung pada kegiatan Shalat Jumat, Pengajian Cabang dan Ranting serta dukungan donasi dari anggota yang menyerahkan sedaqahmelalui Posko Muhammadiyah Peduli Sinabung di Medan. “ Dana yang terkumpul sebesar Rp 44 Juta ditambah bahan kebutuhan pokok,”jelas Syahrul Jalal didampingi Sekretaris Eksekutif PDM Medan, Muhammad Nur.

PD Muhammadiyah Peduli Sinabung di lokasi akan mengajak anak-anak pengungsi di Islamic Center dan Masjid Taqwa untuk mengikuti kegiatan melukis dan menuilis Puisi. Tentu saja, temanya adalah : Erupsi Sinabung. Hasil Karya anak-anak akan dinilai pada kegiatan kedua, pada 1-2 Februari mendatang. “Puisi yang ditulis, akan dibacakan anak-anak sedangkan lukisan akan dipamerkan di lokasi pengungsian itu. Salah cara untuk menggembirakan anak-anak,”jelas Syahrul Jalal.

PWA Aisyiyah

Kegiatan lainnya, saat ini PW Aisyiyah Sumatera Utara juga menyiapkan dukungan untuk membantuk PD Muhanmmadiyah dan PD Aisyiyah Karo dalam menangani pengungsi erupsi Sinabung. “Dengan dukungan warga Aisyiyah, Kami akan hadir lagi di Kabanjahe guna meringankan derita keluarga yang sedang ditimpa musibah,”jelas Ketua PW Aisyiyah Hj. Elynita, Sabtu (25/1). PW Aisyiyah menyambut gembira kunjungan Tim PDM dan PDA Medan ke Sinabung.|SHD/MPI-SU/muhammadiyah.or.id|