Geliat Dakwah Muhammadiyah di Taiwan

2039506426 n64Taiwan – Muhammadiyah sebagai sebuah organisasi besar memiliki keunggulan dalam mengembangkan jaringannya bahkan sampai ke mancanegara. Hal ini terbukti dengan adanya Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) di beberapa negara. Pimpinan Cabang merupakan struktur di lingkungan Muhammadiyah untuk menghimpun warga dan simpatisan Muhammadiyah yang sedang berada di luar negeri dan langsung di bawah binaan Pimpinan pusat Muhammadiyah.

Di pertengahan tahun 2013, beberapa WNI yang merupakan kader Muhammadiyah memunculkan gagasan tentang mendirikan PCIM Taiwan . Mereka berasal dari sekumpulan mahasiswa yang sedang menempuh studi di beberapa Universitas di Taiwan.

Muhammadiyah Taiwan mulai memperlihatkan eksistensinya dengan mengadakan pengajian online yang dilaksanakan setiap hari Ahad. Pengajian yang juga dimonitoring dari PP Muhammadiyah di Indonesia ini berhasil dilaksanakan beberapa kali sampai dengan akhir tahun 2013. Dari laporan yang telah disampaikan koordinator MuhammadiyahTaiwan telah terlaksana sebelas kali kajian online Muhammadiyah Taiwan yang disiarkan melalui radio Muhammadiyah. Selain itu Muhammadiyah Taiwan juga menggandeng rekan-rekan Muhammadiyah di Turki dalam pengadaan pengajian online.

Agenda awal tahun Muhammadiyah Taiwan selanjutnya adalah silaturahmi dan rapat perdana seluruh anggota di kota Tainan. Menurut Hanif, saat ini sudah ada 20 kader simpatisan yang tegabung dalam Muhammadiyah Taiwan

“Harapan kedepannya Muhammadiyah Taiwan segera mendeklarasikan sebagai PCIM Taiwan dan kami juga ingin launching LAZISMU Taiwan. ” jelas alumni IMM Universitas Brawijaya.

“Nantinya juga akan segera dipublikasikan majalah online Surya Formosa yang dapat diuduh dengan gratis,” tutur Hanif. (mon/muhammadiyah.or.id)