Silaturohim Keluarga Alumni Mu’allimin Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta dengan PP Muhammadiyah di Jakarta

IMG 057251Jakarta – Selasa,17 Desember 2013 Kabammma Jaya ( Keluarga Besar Abiturien Madrasah Mu’allimin Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta di Jakarta Raya) telah bersilaturahmi dengan Ketua PP Muhammadiyah Prof. Yunahar Ilyas bertempat di ruang rapat Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah, Jalan Menteng Raya 62 Jakarta. Kunjungan silaturahmi tersebut merupakan bagian dari program road show Kabammma Jaya dalam rangka konsolidasi dengan sejumlah tokoh dan pimpinan Muhammadiyah untuk memperkuat jaringan dan peran alumni Mu’allimin-Mu’allimaat.

Dalam silaturahmi tersebut Ustadz Yunahar memberikan sejumlah informasi terkait dengan dinamika proses dan hasil keputusan PP Muhammadiyah dalam susksesi Direktur Madrasah Mu’allimin-Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta. Dalam informasinya, beliau menyampaikan sejumlah nama Direktur dan Wakil Direktur Mu’allimin-Mu’allimaat yang telah final dipilih oleh PP Muhammadiyah dan saat ini tinggal menunggu proses pembuatan surat keputusan (SK). Rencananya Jumat depan nama-nama tersebut akan dipanggil untuk bertemu dengan PP Muhammadiyah, dan per satu Januari mulai aktif bertugas.

Dalam pertemuan tersebut beliau juga memberikan kesempatan bagi alumni untuk memberikan usul dan saran bagi pembinaan Mu’allimin-Mu’allimaat kedepan. Sejumlah usul dan saran yang telah disampaikan Kabammma Jaya terkait dengan kaderisasi, system dan manajemen dalam pembinaan siswa, pengelolaan madrasah dan asrama, karier dan kesejahteraan guru-pamong asrama, visi dan misi pendidikan dan kekhasan pengajaran Mu’allimin-Mu’allimaat, dan lain sebagainya tersebut akan beliau bawa sebagai bahan pertemuan pada Jum’at depan.

Beberapa usulan yang dicermati dan dipandang penting dalam forum tersebut diantaranya adalah tentang perlunya ada sebuah lembaga atau badan advokasi bagi siswa atau sejenis majelis banding yang bisa menjadi tempat penyelesaian permasalahan “kenakalan” siswa secara adil. Serta peninjauan kembali terhadap efektifitas sistem poin (pelanggaran) yang diberlakukan terkait dengan pembentukan karakter (ahlak) dan peningkatan kualitas siswa.

Rajudin Misbah selaku waki ketua Kabammma Jaya dalam akhir acara menyampaikan bahwa acara silaturahim seperti ini sangat baik dan semoga menjadi agenda rutin sebagai bentuk komunikasi antara para alumni mu’allimin mu’allimaat Muhammadiyah dengan para pengurus Pimpinan Pusat Muhammadiyah yang Notabene nya madrasah Mu’allimin Mu’alimaat Muhammadiyah Yogyakarta adalah anak panah persyarikatan Muhammadiyah.(asih/muhammadiyah.or.id)