Braket Mesin Jet Indonesia Jawara di AS

braketPrestasi kawula muda Indonesia kembali mendapat penghargaan di ajang internasional. Sebuah braket mesin Jet yang didesain mahasiswa asal Salatiga Jawa Tengah, memenangkan hadiah pertama di kontes global 3D Printing Challenge yang diadakan GE dan GrabCAD. Dengan desain tersebut, Arie berhasil menyisihkan hampir 700 peserta dari 56 negara. Dia didapuk sebagai juara karena desain tersebut memiliki kombinasi terbaik dari kekakuan (stiffness) dan ringan.

Arie berhasil mendesain braket yang mampu mengurangi berat braket mesin jet sebesar 84% menjadi hanya 327 gram. Braket penahan pada mesin-mesin jet memiliki peran yang sangat penting karena harus mampu menahan beban mesin saat handling tanpa pecah atau bengkok.

“Desain ini terinsipirasi dari H beam (penampang berbentuk H), di mana bagian vertikal berfungsi menahan beban vertikal, sementara yang horizontal menopang beban horizontal. Ide utamanya adalah bagaimana mendistribusikan tenaga ke empat bolt hole. Seluruh desin saya mudah untuk disesuaikan dengan berbagai jenis beban mengikuti kebutuhan,” ujar Arie, seperti dikutip dari siaran pers yang diterima Okezone, Jumat (13/12/2013).

Executive Director of Global Innovation GE Steve Liguori mengaku, inovasi bisa lahir dari mana saja. Tantangan tersebut, lanjutnya memanfaatkan kecerdasan komunitas GrabCAD untuk memberikan solusi baru terhadap tantangan masa depan menggunakan cetak 3D (additive manufacturing).

“Dengan menerapkan skala dan keahlian GE untuk inovasi terbuka, kami dapat terus menumbuhkan ekosistem bagi para desainer, insinyur, ilmuwan material dan mitra lainnya untuk mendefinisikan kembali industri ini dan mendorong hasil terbaik bagi para pelanggan kami,” tutur Liguori.

Sementara itu, CEO GrabCAD Hardi Meybaum menambahkan, tantangan teknik dari GE itu terinspirasi dari masalah sehari-hari. Sehingga mampu menarik perhatian dari seluruh insinyur yang berada di berbagai belahan dunia untuk turut berpartisipasi.

“Karena para insinyur ingin memanfaatkan kesempatan mendesain sesuatu yang kemungkinan akan diproduksi dan menyelesaikan masalah yang ada. Tantangan Desain Braket Mesin Jet GE ini melampaui ekspektasi dan ini menunjukkan komitmen mereka untuk mencari inovasi melalui teknik dan kolaborasi terbuka. Ini merupakan jalan menuju masa depan, dan kami bangga ini terjadi menggunakan platform kami,” urai Meybaum. (kampus.okezone.com/ humasristek)