HMM FT UMSU Gelar Mechanical Engineering Expo 2013

Logo UMSUMedan – Himpunan Mahasiswa Mesin Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (HMM FT UMSU) mengadakan Mechanical Engineering Expo 2013 di kampus utama Jl Muktar Basri. Gelaran dimulai 12-14 Desember ini bertemakan ”Membangun Jiwa Teknokrat Muda Yang Peduli Akan Sosial dan Budaya”.

Hal itu dikatakan Ketua Panitia Mechanical Engineering Expo Anugrah Junanda Azni didampingi Ketua Himpunan Mahasiswa Mesin UMSU Zainal Arifin, Wakil Ketua HMM Septian Indra Pradana dan Dekan FT UMSU Rahmatullah ST, MSc di kampus Jl Muktar Basri Medan.

Anugrah menjelaskan, berbagai kegiatan akan mewarnai kegiatan tersebut diantaranya Seminar Nasional ”Mobnas = Mobil murah? menampilkan pembicara, Bambang Waluyo dari Forum Grup Diskusi Perguruan Tinggi Muhammadiyah (FGD PTM) Universitas Muhammadiyah Surakarta. Selain itu acara ini juga menampilkan design mobil SMK di Solo dan Suwarno mewakili PT Toyota Medan. “Dasar pemikiran dilaksanakannya seminar ini adalah keberadaan mobnas sudah tak terdengar saat ini, padahal sumberdaya manusia cukup,” ujarnya.

Dia mencontohkan, di Malaysia, mobil Proton yang diproduksi dalam negeri sangat berkembang dan menguasai pemasaran di negara jiran itu. “Kenapa mobil SMK sebagai ikon mobnas tidak laik untuk dijual ke pasaran,” tanyanya. Peserta seminar berasal dari mahasiswa mesin di Universitas Jenderal Ahmad Yani Bandung dan Forum Komunikasi Mahasiswa Teknik Mesin Sumut. Even tahunan ini bertujuan untuk memotivasi mahasiswa meningkatkan kualitas, mengeksplorasi program kerja (pokja) mahasiswa mesin fakultas teknik dan universitas.

Lebih lanjut dikemukakannya, tridharma perguruan tinggi juga mengisyaratkan agar mahasiswa melakukan pengabdian kepada masyarakat. HMM juga mengadakan bakti sosial berupa sunat missal sebanyak 30 anak, servis becak bermotor (bettor) sebanyak 50 unit dan angkutan kota (angkot) sebanyak 25 unit secara gratis. Disamping itu pula mengadakan pameran produk unggulan mesin, lomba Auto Cad antar mahasiswa mesin se Kota Medan, lomba bubut mahasiswa mesin se kota Medan.

Kemudian seluruh kegiatan akan diakhiri dengan gebyar music menampilkan band Coconut Heat, band lokal mahasiswa UMSU, tari pertunjukan budaya, magic fatamorgana dan penampilan teater siswa SMA Laksamana Martadinata. Pada kesempatan itu HMM FT UMSU juga menyampaikan terima kasih kepada pimpinan fakultas dan rektorat UMSU yang telah membantu terselenggaranya kegiatan Mechanical Engineering Expo 2013.

Sementara itu Dekan FT UMSU Rahmatullah memberikan apresiasi yang tinggi kepada HMM yang akan mengadakan kegiatan besar ini. “Seluruh pimpinan fakultas sangat mendukung dan mendorong mahasiswa melakukan kegiatan positif dan bermanfaat,” ujarnya.

Kedepan, dia berharap, kegiatan ini dapat terselenggara lebih besar dan lebih baik nantinya tanpat melupakan cirri khas FT UMSU yang memiliki rasa empati yang tinggi dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat. “Semangat mahasiswa melaksanakan berbagai kegiatan untuk pengabdian kepada masyarakat akan lebih menyentuh dan bermanfaat bila dilakukan secara ikhlas.

Sebab institusi pendidikan sesuai tridharma perguruan tinggi mempunyai tanggung jawab membantu masyarakat di sekitar lingkungan kampus dimana pun berada dan hal itu sudah diperlihatkan mahasiswa mesin FT UMSU yang selalu eksis melakukan kegiatan untuk kepentingan masyarakat,” jelas Rahmatullah. |BS-AJE/MPI-SU|muhammadiyah.or.id