Umri Juara Satu PKM Tingkat Nasional

DSCF2380PEKANBARU (Riaupos.co) – Universitas Muhammadiyah Riau (Umri) berhasil meraih juara satu dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) bidang Karsa Cipta yang merupakan salah satu isi kegiatan dalam rangka Simposium Nasional Teknologi Terapan (SNTT) Forum Grup Diskusi Teknologi Perguruan Tinggi Muhammadiyah.

Kegiatan tahunan yang dilakukan di Universitas Muhammadiyah Surabaya 27-28 November lalu ini diikuti oleh 29 perguruan tinggi Muhammadiyah yang ada di Indonesia.

Rizky Mahardika, mahasiswa Fakultas Teknik, jurusan Teknik Industri yang menjadi perwakilan dari Umri mengaku sangat bangga dan tidak menyangka bisa meraih juara satu.

Selain mendapat piala dan sertifikat, Rizky juga mendapatkan beasiswa bebas uang kuliah selama dua semester dari Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

‘’Ini adalah kemenangan yang sangat tidak diduga, saingannya banyak, dan Umri sendiri belum begitu dipandang karena kan baru di bandingkan perguruan tinggi yang lain,” ungkap mahasiswa yang mengaku mempersiapkan lomba ini selama 6 bulan.

Hasil karya yang diikutkan dalam lomba PKM tersebut berupa sebuah rancangan SPBU Cerdas. Hasil karya Rizky merupakan sistem monitoring level tangki SPBU dan pengukur kadar air dalam tangki berbasis ATMega 8535.

Rancangannya tersebut menurut Rizky akan memudahkan owner untuk memonitoring SPBU nya secara otomatis tanpa harus kelapangan.

‘’Owner tinggal mengecek melalui alat yang sudah disetel otomatis, sehingga jumlah cadangan minyak dapat dilihat melalui alat tersebut, tidak perlu mengukur manual dengan galah,’’ tambahnya, Jumat (6/12).

Setelah itu hasil pengukuran tersebut bisa langsung diketahui oleh owner karena data yang ada dilapangan langsung dikirim ke web server owner. Demikian juga dengan jumlah minyak yang keluar dari tangki (penjualan-red) akan terlihat langsung di web server owner.

Rancangan ini merupakan yang pertamakali di Indonesia, sehingga pihak Umri berharap dalam waktu dekat dapat segera mengurus hak patennya.

‘’Salah satu juri lomba sudah menawarkan untuk membuat hak paten kepada Rizky ketika menerima piala dan sertifikat juara kemarin, semoga proses hak paten kami lebih cepat diurus jadi tidak perlu melibatkan perguruan tinggi lain,’’ ujar Wakil Dekan Fakultas teknik Dedi Dermawan.

Selain mendapat juara 1 di PKM bidang Karsa Cipta, Rizky juga menjadi juara umum dari 7 bidang PKM yang diperlombakan. Diantaranya ada PKM Penelitian, PKM Kewirausahan, PKM Pengabdian Masyarakat, PKM Teknologi, PKM Gagasan Tertulis, PKM Analisa Ilmiah dan PKM Karsa Cipta.

Tahun depan SNTT direncanakan akan diadakan di Umri dengan mengundang seluruh perguruan tinggi Muhammadiyah yang ada di Indonesia, Dedi Dermawan mengungkapkan pihaknya siap menjadi tuan rumah pada SNTT mendatang.(*7/ila)