Mahasiswa Boga Juara I Lomba Inovasi Pengembangan Produk Hasil Perikanan

Mahasiswa boga juaraRudi Haryanto, mahasiswa Pendidikan Teknik Boga FT UNY dibawah bimbingan dosen, Fitri Rahmawati, M.P., dinobatkan sebagai Juara I pada Lomba Inovasi Pengembangan Produk Hasil Perikanan yang diadakan Kementerian Kelautan dan Perikanan Indonesia di pelataran Monas, Jakarta (24/11/2013). Dalam kompetisi ini, Rudi mengembangkan DOLALE kepanjangan dari Dolar Kepala Lele, yaitu produk makanan ringan semacam keripik yang terbuat dari tulang kepala lele dan tepung casava.

Rudi saat ditemui Humas menjelaskan bahwa keunggulan DOLALE adalah murni produk lokal yang mengandung kalsium dan fosfor dari kepala lele. “Selain itu, produk ini juga bebas dari gluten karena menggunakan tepung casava,” ungkapnya.

Lebih detail, Rudi menjelaskan cara pembuatan produk ini yang terdiri dari beberepa langkah. “Pertama, dalam wadah campur tepung kepala lele, tepung casava, gula pasir, garam, aduk rata, buat cekungan di tengahnya, kemudian tuang telur pada cekungan tadi, aduk searah memutar sambil tuangi santan sedikit demi sedikit sampai menjadi adonan cair,” jelas mahasiswa yang juga menjabat sebagai Ketua Hima Boga dan Busana FT UNY ini. .

“Lalu tambahkan chop parsley secukupnya, setelah diaduk rata, panas cetakan kue semprong dibuka, tuang di tengahnya satu sendok teh adonan. Tutup cetakan, biarkan 5 menit kemudian buka, angkat dan dinginkan sebentar supaya mengeras, terakhir kemas dalam wadah tertutup,” beber Rudi.

“Dengan bermodalkan juara ini, saya semakin percaya diri untuk memasarkan produk ini dengan harga Rp 13.000 untuk yang kemasan 200 gram dan Rp.1000 untuk satu bungkus berisi 5 biji,” tutup Rudi. (uny.ac.id/ humasristek)