Hebat, Amazon Bakal Kirimkan Barang Pakai Helikopter Robot!

0212amazonSelama ini pesawat terbang tanpa awak lebih banyak dikenal untuk kegunaan militer seperti pengintaian hingga penyerangan. Namun perusahaan penjualan barang secara online, Amazon, punya ide pemanfaatan lain pesawat tanpa awak. Mereka berencana menggunakannya sebagai wahana pengiriman barang ke tangan pelanggan! Seperti diberitakan Gizmodo.com, Amazon berharap secepatnya pada 2015 mereka bisa menggunakan pesawat helikopter mini yang dikendalikan dari jauh sebagai wahana pengiriman barang.

CEO Amazon, Jeff Bezos, dalam wawancara di sebuah program TV AS menyebut layanan spesial yang dinamai Prime Air itu akan menjadi bagian dari sistem layanan Amazon Prime yang memberi jaminan barang samapi di tangan pelanggan dalam waktu dua hari. 
 
Helikopter robot itu akan dipakai mengirimkan paket seberat di bawah 2,3 kg. Paketnya akan ditaruh di kotak plastik khusus yang akan dibawa oleh helikopter mini ke tempat tujuan dalam radius 16 km dari pusat layanan Amazon. “Keamanan jelas menjadi prioritas kami dan wahanan kami akan dilengkapi berbagai sistem cadangan dan sistem darurat yang standarnya sama dengan penerbangan komersial umum,” tegas Amazon dalam pernyataan resmi. 
 
Amazon menyebut badan keselamatan penerbangan federal AS, Federal Aviation Administration (FAA) saat ini tengah menggarap aturan terkait pengoperasian pesawat terbang tanpa awak. “Kami harap aturan baru FAA sudah diterbitkan setidaknya pada awal 2015,” ujar Amazon. (solopos.com/ humasristek)