Lupa Taruh Remote? Pakai Saja Retcak

xPYJB0F2YOApakah Anda sering lupa di mana meletakkan remote televisi dan kesulitan menemukannya? Beruntung, dua siswa asal SMPN 1 Semarang melahirkan inovasi yang diberi nama Remote Terlacak atau disingkat Retcak.

Kedua pelajar kreatif itu adalah Arina Ilmia dan Lilir Nurfirda. Pada dasarnya, Retcak tidak berbeda dengan remote control yang ada. Hanya saja, Retcak dilengkapi dengan alarm yang akan berbunyi ketika tombol tertentu ditekan.

“Sebagian masyarakat sering lupa menaruh remote di mana. Maka, kami punya ide untuk menambahkan alarm ke dalam remote tersebut. Jadi ketika remote hilang, tekan tombol alarm sehingga remote akan berbunyi dan kita tinggal mencari sumber bunyi tersebut,” ujar Lilir, ketika ditemui Okezone di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Jakarta Selatan, Kamis (14/11/2013).

Menurut Lilir, konsep Retcak tidak hanya berlaku bagi remote televisi. Penggunaan alarm wireless pada remote control juga bisa dilakukan terhadap remote AC maupun kunci motor.

Dia menjelaskan, terdapat beberapa kendala selama proses pembuatan Retcak. Apalagi proyek tersebut merupakan hasil kreativitas pertamanya. “Menemukan alarm wireless cukup sulit. Harus putar-putar toko elektronik di Semarang. Tapi, walaupun awalnya kesulitan tapi ternyata setelah merangkai hingga akhirnya jadi justru merasa senang dan puas,” ungkapnya.

Pelajar kelas IX itu menyebut, keberhasilan masuk dalam final National Young Inventor Awards (NYIA) 2013 merupakan dukungan dari berbagai pihak. Baik dari keluarga maupun sekolah.

“Orangtua membantu dan dukung. Karena sekolah tidak membiayai apapun, orangtua membantu kami secara finansial. Sementara sekolah membantu ketertinggalan kami dalam pelajaran dengan menyediakan catatan-catatan tambahan,” tutur Lilir. (kampus.okezone.com/ humasristek)