Lockheed Siapkan Pesawat Siluman Ekonomis

20131106122938481Produsen teknologi Lockheed Martin Corp mengumumkan rencana peluncuran pesawat mata-mata hipersonik yang bisa terbang dengan kecepatan 6 Mach. Pesawat canggih ini diperkirakan akan mengudara pada awal 2018. Brad Leland, insinyur Lockheed yang memimpin upaya penelitian selama tujuh tahun, mengatakan pesawat baru tersebut akan dijuluki SR-72. Pesawat siluman itu, dirancang menggunakan material sederhana agar harganya tetap terjangkau dalam kondisi ekonomi saat ini.

Leland menjelaskan, SR-72 mampu terbang dua kali lebih cepat dari SR-71 Blackbird yang terkenal. Jet tempur bermesin ganda ini, bisa mencapai target apapun dalam satu jam dan dapat dikembangkan dengan anggaran di bawah US$ 1 miliar selama 5-6 tahun.

“Hypersonic adalah siluman baru. Apa yang kami lakukan adalah mendefinisikan sebuah jet yang hanya butuh sedikit biaya tambahan untuk mencapai kecepatan hipersonik,” kata Leland.

Pesawat baru SR-72 akan memiliki kemampuan tiga kali jet tempur saat ini, yang dapat mencapai kecepatan 2 Mach, yakni dua kali kecepatan suara. Pesawat itu juga bisa dilengkapi dengan senjata ringan untuk menyerang sasaran.

Rincian dari proyek pesawat mata-mata hipersonik baru SR-72 muncul beberapa hari setelah Lockheed, pemasok terbesar Pentagon, bekerja sama dengan pemasok No 2 yakni Boeing Co (BA.N) untuk tawaran mengembangkan bomber jarak jauh baru bagi Pentagon.

Lockheed, Boeing dan pembuat senjata besar lainnya mendesak Pentagon untuk melanjutkan pendanaan program pengembangan pesawat baru meskipun terjadi pemotongan besar dalam anggaran militer. Mereka beralasan kemunduran dari proyek-proyek militer bisa melemahkan superioritas militer AS pada tahun yang akan datang.

Leland mengatakan pejabat tinggi Pentagon telah diberi penjelasan singkat mengenai kemajuan program. Mereka sangat tertarik pada teknologi baru sebagai cara yang mungkin untuk melawan musuh potensial lewat teknologi yang bisa mendeteksi pesawat siluman.

Pihak Lockheed menolak untuk menyebutkan berapa banyak anggaran yang telah diinvestasikan dalam proyek SR-72 sampai saat ini. Tetapi perusahaan menyatakan telah mencoba untuk menjaga ketat batas anggaran ketika mengerjakan proyek ini.

Rob Stallard, analis RBC Capital Markets, berkomentar bahwa pesawat baru bisa membantu militer AS dengan cepat mengidentifikasi atau mencapai target yang sengaja disembunyikan atau dilindungi oleh pertahanan udara musuh. Namun sejauh ini, pesawat SR-71 adalah pesawat paling keren yang pernah dibuat, dan hanya bisa disaingi oleh pesawat fiksi. (suarapembaruan.com/ humasristek)