Kuliah Umum UMRI : Membangun Generasi Muda Bangsa Melalui Kemandirian Ekonomi

SAM 1646PEKANBARU, UMRI – Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa memberikan kuliah umum di Universitas Muhammadiyah Riau dengan tema “Membangun Generasi Muda Bangsa Melalui Kemandirian Ekonomi”. Kuliah umum ini dilaksanakan di Aula yang berada di lantai 3, kampus I UMRI.

Menko Perekonomian Hatta Rajasa dalam beberapa kesempatan mengatakan bahwa tidak banyak negara yang mengalami kemajuan sebesar kemajuan yang dicapai Indonesia dalam 10 tahun terakhir. Banyak yang mengatakan bahwa Indonesia akan terbelah-belah karena berbagai masalah seperti yang terjadi di Aceh, tetapi nyatanya Indonesia bisa bangkit dari keterpurukan itu.

“Indonesia punya Resource yang kita jual sebagai bahan mentah ke luar negeri. Oleh sebab itu, pada tahun 2014 kita tidak boleh lagi menjual bahan mentah yang kita miliki ke luar negeri. Kita harus mengolahnya dengan SDM yang kita miliki.” Tambahnya.

Beliau juga berkeyakinan bahwa UMRI nantinya akan maju pesat, mengingat umurnya yang baru 5 tahun, dan sudah mendapat pujian dari kopertis.
Pada akhir pidatonya, beliau menyimpulkan :

  1. Bangsa ini telah berkembang pesat 10 tahun terakhir ini.
  2. Kita memilik peluang dan tantangan. Tergantung bagaimana kita menanggapinya saja.
  3. Kita harus memiliki SDM yang baik untuk mencapai kemandirian ekonomi, karna disinilah kekuatan terbesar bangsa ini terletak. (Hp)