UNS Ciptakan Budaya Kerja ACTIVE dengan Sediakan Fasilitas Kolaborasi Online dari Google

google-appKerjasama antara Universitas Sebelas Maret (UNS) dengan Google telah berbuah hadirnya paket perangkat lunak kolaborasi online yang disebut UNSSolo untuk 35 ribu mahasiswa UNS.

Layanan UNSSolo yang diresmikan Jumat, 4 Oktober 2013 ini ditunjang oleh teknologi Google Apps yang menyediakan aplikasi Gmail dengan kapasitas 25GB, Drive sebesar 5GB untuk bekerja dengan file, Calendar untuk mengatur jadwal, Hangout untuk konferensi video, dan masih banyak aplikasi lainnya.

Ristu Saptono S.Si, M.T selaku Project Manager UNS Gone Google mengungkapkan, “Inisiatif UNS sejalan dengan budaya kerja ACTIVE gencar ditanamkan di lingkungan UNS. ACTIVE merupakan singkatan dari Achievement Orientation, Customer Orientation, Teamwork, Integrity, Visionary, Entrepreneurship.”

Tim Puskom UNS, lanjut Ristu, mendukung terciptanya budaya ACTIVE tersebut dengan menyediakan fasilitas agar seluruh civitas UNS dapat berkomunikasi dan bekerjasama dimana saja dan kapan saja.

Implementasi UNSSolo dibantu oleh Primagain sebagai perusahaan perangkat lunak yang menjadi mitra lokal Google untuk membantu kalangan pendidikan di Indonesia. Pepita Gunawan, perwakilan dari Google mengungkapkan “Di dalam Google Apps tersedia aplikasi untuk membuat naskah dokumen, kertas kerja, dan presentasi secara online. Mahasiswa atau dosen juga dapat mengedit bersama-sama dengan banyak orang sekaligus secara online. File tersebut bahkan bisa diolah dimana saja menggunakan ponsel atau tablet yang tersedia di pasaran.”

Selain membantu civitas UNS menjadi lebih produktif, UNSSolo juga menjadi langkah strategis UNS menuju universitas bereputasi internasional. “Teknologi Google sudah dikenal handal sehingga kami bisa fokuskan diri ke kegiatan pengembangan konten edukasi atau riset yang berkelas dunia” pungkas Drs. Hery Purwanto M.S.c, Kepala Pusat Komputer UNS. (uns.ac.id/ humasristek)