Tiang Lompat Tinggi Elektrik

Tiang LompatDewasa ini teknologi terus berkembang di berbagai aspek kehidupan. Di antaranya teknologi dalam bidang olahraga yang dikembangkan untuk membantu memberikan kinerja maksimal dalam perlombaan atau latihan.

Tiga mahasiswa UNY juga turut serta dalam upaya pengembangan teknologi dalam bidang olahraga. Ketiga mahasiswa ini adalah Nova Supramanto dan Rizki Edi Juwanto dari Program Studi Pendidikan Teknik Elektronika Fakultas Teknik serta Widi Putra Guna dari Fakultas Ilmu Keolahragaan dengan menciptakan Tiang Lompat Tinggi Elektrik Otomatis.

Lompat tinggi merupakan salah satu cabang olahraga ateltik yang sampai saat ini selalu dipertandingkan dalam level nasional maupun internasional. Namun, selama ini tiang lompat tinggi masih digunakan secara manual dengan bantuan manusia. Tiap kali akan mengubah ketinggian harus ada orang yang mendekat dan mengubah posisi tiang secara manual. Berawal dari sini kelompok mahasiswa ini menciptakan sebuah tiang lompat tinggi berbasis mikrokontroller yang bisa dikendalikan melalui remote kendali.

“Keuntungan menggunakan tiang lompat tinggi elektrik ini adalah lebih menghemat waktu, ekonomis, dan lebih praktis,” jelas Nova.

“Alat ini terdiri dari tiang lompat tinggi, remote untuk mengatur ketinggian dari mistar serta aplikasi untuk melihat tinggi mistar di computer atau laptop,” tambah Nova.

Tiang lompat tinggi elektrik menggunakan mikrokontroller ATmega 15 dengan komponen tiang dan mistar lompat tinggi, motor servo, blok Atmega 15, baterai dan beberapa komponen pendukung lainnya.

Prestasi membanggakan juga telah ditorehkan kelompok ini di mana tiang lompat tinggi elektrik ini berhasil merebut medali emas dalam PIMNAS ke-26 di Nusa Tenggara Barat beberapa waktu yang lalu.

“Karya kami juga sudah mendapatkan hak paten dan pada 2 November nanti kami akan ada desiminasi karya pada Seminar Nasional Technosport di UNY,”tutup Nova. (uny.ac.id/ humasristek)