Semangat Berqurban PCM Pontang Salurkan Qurban Hingga Pelosok

P10008118Serang – Pimpinan Cabang Muhammadiyah Pontang Kabupaten Serang Banten Pada Idul Adha tahun 1434 H atau 2013 ini melalui Majelis Kesejahteraan Sosial Masyarakat (MKSM) melakukan kegiatan penghimpunan dan pendistribusian hewan qurban.Ketua Panitia Qurban TB.Tusyadi menjelaskan bahwa, Data jumlah mudhohi (orang yang berqurban) yang terdaftar di panitia ada 78 orang dengan rincian hewan qurban 8 ekor sapi, 2 ekor kerbau dan 17 ekor domba atau kambing.

Daging qurban ini akan didistribusikan atau dibagikan kepada 800 lebih mustahik yang tersebar di kampung Begog Desa Singarajan dan sekitarnya. Jumlah mudhohi setiap tahun terus meningkat, tahun ini peningkatan sekitar 35% dari jumlah mudhohi tahun sebelumnya. “Ini membuktikan bahwa kesadaran masyarakat untuk berqurban cukup tinggi dan ini merupakan tantangan bagi Muhammadiyah Pontang untuk memfasilitasinya agar manfaat qurban bisa dirasakan oleh masyarakat luas” imbuhnya.

Untuk kegiatan sholat Idul Adha dipusatkan di Lapangan Tanah Merah di Desa Singarajan Kecamatan Pontang Kabupaten Serang Banten, sholat ini di hadiri ratusan jama’ah yang tersebar disekitar Desa Singarajan dan sekitarnya. Bertindak sebagai Imam H.Badrudin M.Ag (Wakil Ketua PCM Pontang) dan sebagai Khotib Drs. Abu Bakar (Ketua PCM Pontang).

Dalam tausyiahnya Khotib berpesan tentang makna dan hubungan tiga amalan utama Idul Adha, pertama adalah Takbir, kedua sholat ‘Id dan yang ketiga Qurban. Tiga amalan tersebut mempunyai makna yang khusus di bulan dzulhijjah ini dan ketiga menjadi barometer keimanan atau ketauhidan seseorang. Jadi Idul Adha merupakan momentum bagi kaum muslimin untuk menguji keimanannya dengan berqurban, sebagaimana Nabi Ibrahim AS yang diuji Allah SWT untuk mengorbankan putra yaitu Nabi Ismail AS. (farid/muhammadiyah.or.id)