Rektor Lepas Keberangkatan PKL Mahasiswa Keperawatan UMRI

umri-mediaRektor Universitas Muhammadiyah Riau, Prof. Dr. M. Diah, M.Ed lepaskan mahasiswa keperawatan dalam kegiatan Praktek Kerja Lapangan 2013. Kali ini lokasi menjadi sasaran di dua desa bedara di Kabupaten Kampar Kiri Tengah. Dalam arahannya M. Diah menyampaikan, Praktek kerja Lapangan bagi mahasiswa keperawatan mesti diikuti sebagaimanan mestinya.

Program ini dilaksanakan dengan ketentuan akademik maka harus mengacu pada aturan akademik. Artinya adanya penilaian dari apa yang dilaksanakan di lapangan. Mahasiswa mengikuti PKL ini merupaka semester lima DIII keperawatan FMIPA UMRI. Dan keberangkatan kali ini merupakan yang ke 18 kalinya. Ditempatkan di desa berbeda juga kabupaten berbeda dari sebelumnya.

Mahasiswa juga diminta mampu bergaul dengan masyarakat setempat, dengan mengedepankan etika yang baik. Disamping itu juga Mahasiswa diharapkan mampu menjadi duta UMRI menyampaikan informasi (promosi) UMRI kepada masyarakat disela kegiatan PKL.

“Berada di tempat orang jaga etika dan moral, gunakan kesempatan yang ada untuk menggali potensi dalam diri,” ungkap M.Diah. Dekan FMIPA dan keperawatan UMRI Wiwik Norita, A.Kep. M.Kes, menambahkan, seluruh mahasiswa keperawatan mengikuti PKL terdiri dari 33 wanita dan 15 laki-laki. Mengenai lokasi, ini berdasarkan surve di lapangan.

Di lokasi mereka dibawah pengawasan puskesmas induk namun tetap berbaur bersama masyarakat setempat. Bahkan penempatan mereka berada di perumahan masyarakat. Di perkirakan untuk praktek klinik ini sejak angkatan pertam hingga ke 18 ini melaksanakan PKL tercatat telah mencapai 1000 mahasiswa yang mengikutinya sesuai jenjang kependidikannya di UMRI (semester V), ungkapnya. (Koran Riau, 9 Oktober 2013)