Omah Kefir, Gudang Produk Berkhasiat

IMG 0587Omah Kefir yang diprakarsai Irna Kinayungan (mahasiswa Biologi 2011) menjual produk-produk berkhasiat untuk kesehatan. Bersama dengan tiga orang rekan lainnya, dia memproduksi produk kesehatan dari olahan Kefir.

Irna mengatakan, “Kefir adalah pangan fungsional probiotik yang terbuat dari susu yang difermentasi dengan Kefir Grains, yang mengandung sekitar 40 jenis bakteri (beneficial bacteria) serta ragi (yeast) yang bermanfaat. Kefir memiliki berbagai manfaat antara lain mencegah dan mengobati gangguan lambung dan pencernaan, stroke, dan mengendalikan kadar kolesterol”.

“Bakteri baik yang terkandung di dalam Biji Kefir, antara lain Lactobacillus Acidophillus, Lb. Kefiri, Lb. Kefirgranum, Lb. Parakefir, Lb. Delbrueckii-subsp. Bulgaricus, dan Lactococci. Bakteri tersebut merupakan bakteri yang berguna untuk menjaga kesehatan tubuh manusia” tambah Irna.

Berkat Omah Kefir Irna bersama Erlin Winarni (Biologi 2011), NV Kondang (Biologi 2011), dan Phaksi Nirwana (Matematika 2009) berhasil meraih Medali Perak PIMNAS XXVI di Universitas Mataram.

“Kefir tidak sama dengan yoghurt atau susu yang diasamkan, baik dari proses pembuatannya, bahan, warna, rasa, serta kandungan. Sebab Kefir mengandung lebih banyak bakteri yang menguntungkan”, ujar Irna.

Irna juga menambahkan, “Kefir dibuat dari susu sapi yang telah dipasteurisasi, difermentasi selama 24-48 jam menggunakan kefir graisn (starter kefir), kemudian setelah difermentasi disaring. Bagian yang lolos saringan adalah kefir original, sedangkan yang tidak lolos saringan adalah kefir grains, yang dapat digunakan untuk fermentasi selanjutnya”.

Produk Omah Kefir terdiri dari Kefir Original, Kefir Whey, Kefir Grain, Lulur Kefir, dan Fruity Kefir. Wilayah pemasaran produk Omah Kefir sudah mencapai Jawa-Bali. Proses jual beli bisa secara langsung maupun online. Untuk spesifikasi produk lengkap bisa dilihat di laman http://omahkefir.com. (unnes.ac.id/ humasristek)