Delegasi Muslim Myanmar Temui Ketum PP Muhammadiyah

DS MYANMARJAKARTA—Ketua Umum PP Muhammadiyah Prof. Dr. Din Syamsuddin mengaku telah menerima delegasi Muslim Myanmar, Selasa (24/9) siang di Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah Jl Menteng Raya 62 Jakarta Pusat.

Delegasi berjumlah 3 orang ini diterima Din, sebelum dirinya berangkat ke Mahkamah Konstitusi untuk lakukan Gugatan Judicial Review UU Sumber Daya Air (SDA).

“Betul, kita telah menerima delegasi Muslim Myanmar terdiri dari 3 tokoh di PP Muhammadiyah Jakarta. Sekedar diketahui, mereka menyampaikan informasi tentang realitas kehidupan Muslim Myanmar baik Rohingnya maupun Muslim Burma lainnya,”ujar Din.

Ditambahkan, pada dasarnya mereka meyakinkan bahwa umat Islam di Myanmar terdesak, tertekan, dan terpuruk akibat diskriminasi dan tirani yang mereka alami. Untuk itu mereka meminta bantuan Ormas-Ormas Islam Indonesia khususnya Muhammadiyah guna bisa membantu baik penanggulangan korban konflik di Rakhaine State maupun dalam bidang pendidikan.

“Pertemuan itu dilanjutkan bersama sejumlah pimpinan Ormas-Ormas Islam. Ketiga tokoh yang juga adalah pengusaha dan pendidik tersebut juga mengharapkan kerjasama dalam bidang pendidikan dan ekonomi.

Hari ini, tamu dari Myanmar juga bertemu dengan beberapa pengusaha Muhammadiyah guna menjajaki kemungkinan kerjasama bisnis kedua belah pihak,”tutup Din, tanpa menyebut nama-nama ketiga delegasi itu. (mst/muhammadiyah.or.id)